Take a fresh look at your lifestyle.

Baru Bersandar, Ratusan Nelayan di Tegal Langsung Diswab Antigen

88

TEGAL, smpantura.com – Ratusan nelayan menjalani pemeriksaan swab antigen saat bersandar di Pelabuhan Pelindo, Kota Tegal, Selasa (4/5) siang. Mereka diperiksa, setelah berlayar selama kurang lebih dua hingga enam bulan di wilayah Perairan Kalimantan dan Merauke.

Diketahui, pemeriksaan swab antigen yang digelar tiga pilar, TNI Polri dan Pemerintah itu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bahari yang kasusnya cenderung mulai melandai.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari didampingi Danlanal, Letkol Mar Ridwan Aziz beserta sejumlah instansi lain turut melakukan peninjauan pelaksanaan pemeriksaan.

Menurutnya, jika pemudik bisa diperketat jelang penyekatan di jalur darat, maka untuk jalur laut dilakukan pemeriksaan di Pelabuhan. Karena tidak mungkin dilakukan patroli di tengah laut.

“Sebisa mungkin kita jaga kondusifitas. Jangan sampai, kasus Covid di Kota Tegal kembali meroket. Karena sudah banyak wilayah yang berzona hijau dan kuning,” tegas AKBP Rita disela tinjauan.

Proses pemeriksaan, sambung AKBP Rita, diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, mengingat jumlah nelayan yang cukup banyak. Berdasarkan data dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, terdapat 400 kapal yang mulai berlabuh di Kota Bahari.

“Jika satu kapal memiliki 20 sampai 25 anak buah kapal (ABK). Maka paling tidak kita harus memeriksa 8.000 hingga 10.000 nelayan,” pungkasnya.

Sementara, untuk pemeriksaan tahap awal telah dilakukan terhadap sekitar 150 nelayan. Secara keseluruhan, hasilnya masih belum ditemukan adanya hasil positif. (T03-red)

BERITA LAINNYA