Take a fresh look at your lifestyle.

Bantuan Keuangan Parpol Dialokasikan Rp 1,115 Miliar

116

SLAWI- Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal, tahun 2019 ini mengalokasikan bantuan keuangan bagi partai politik senilai Rp 1.115.152.416.

Bantuan keuangn tersebut dialokasikan bagi sepuluh partai politik peserta pemilihan umum tahun 2014 yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal, serta sebelas partai politik peserta Pemilu 2019.

Plt Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal, Zaenal Arifin mengatakan,  bantuan keuangan untuk sepuluh parpol peserta Pemilu 2014  dialokasikan untuk jangka waktu delapan bulan (Januari-Agustus).

Kemudian, untuk parpol peserta Pemilu 2019 akan mendapat alokasi selama empat bulan (September-Desember).

“Bantuan keuangan bagi parpol tahun ini dibagikan dua tahap.Yang pertama bagi peserta Pemilu 2014 dialokasikan untuk delapan bulan, dan peserta Pemilu 2019 dialokasikan untuk  empat bulan,”jelasnya, Senin (9/9).

Meski susunan kursi anggota DPRD sudah berganti, namun bantuan keuangan tahap I, hingga kemarin belum juga dicairkan. Hal ini karena Kesbangpol dan Linmas masih menunggu kelengkapan berkas PDI-P.

“Bantuan belum bisa dicairkan, karena ada keterlambatan dari parpol-parpol dalam pengiriman proposal,”sebutnya.

Diharapkan, parpol bisa segera melengkapi  seluruh persyaratan pencairan, sehingga akhir September ini, bantuan keuangan tahap I dan II bisa sekaligus dicairkan.

Bantuan keuangan bagi parpol , 40 persen diantaranya dapat dimanfaatkan untuk keperluan sekretariat dan 60 persen untuk pendidikan politik.

Adapun jumlah bantuan keuangan parpol disesuaikan dengan jumlah suara sah yang diperoleh parpol dikalikan dengan Rp 1.512.

Zaenal menyebutkan, untuk sepuluh parpol peserta Pemilu 2014, Pemkab mengalokasikan Rp 712.602.576 untuk keperluan delapan bulan.

Dari sepuluh partai, paling banyak mendapat bantuan keuangan adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)yakni Rp 162.753.696. Disusul PDI-P, Gerindra, Golkar, PPP, PAN, PKS, Demokrat, Nasdem dan Hanura.

Sementara itu, untuk sebelas parpol peserta Pemilu 2019 dialokasikan Rp 402.549.840, untuk keperluan selama empat bulan. Bantuan keuangan diperuntukkan bagi PKB, PDI-P, Gerindra, Golkar. PKS, PPP, PAN, Demokrat, Nasdem, Hanura dan Perindo.

Bantuan keuangan tahap II paling banyak diberikan kepada PKB yang mendapat 210. 519 suara sah yakni sebesar Rp 106.101. 576. Dan alokasi terkecil diberikan kepada Perindo dengan suara sah 18.435 yakni sebesar Rp 9.291.240.

Ditambahkan olehnya, untuk bisa mencairkan bantuan keuangan parpol harus mengirimkan dua proposal permohonan untuk  tahap I dan II sekaligus.

Selanjutnya, akan dilakukan proses verifikasi oleh tim yang terdiri atas  lima instansi, yakni Kesbangpol dan Linmas, Inspektorat, Bagian Hukum, Bagian Keuangan dan KPU.

Setelah diverifikasi lima instansi tersebut, tahap berikutnya dilakukan verifikasi oleh DPPKAD barulah bantuan bisa dicairkan. (Sari/Red 6)

 

 

 

BERITA LAINNYA