Take a fresh look at your lifestyle.

Bantu Warga, Ansor Brebes Luncurkan Program Semua Bisa Makan

- Atasi Dampak Ekonomi Pendemi Covid-19

385

BREBES – Menyikapi kondisi penyebaran virus korona atau Covi-19 di Kabupaten Brebes, yang telah membuat warga khawatir, kini Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Brebes meluncurkan program semua bisa makan. Program itu dilucurkan untuk membantu warga yang terdampak atas pendemi Covid-19.

Sebab, merebaknya Covid-19 membuat banyak masyarakat yang kebinggungan untuk mencukupi kebutuhan bahan makanan. Pasalnya mereka harus berdiam di rumah untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Hal itu berdampak menurunnya penghasilan masyarakat.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Brebes, Ahmad Munsip menyatakan, program Semua Bisa Makan merupakan bentuk kepedulian GP Ansor untuk membantu masyarakat yang penghasilannya menurun akibat dampak pendemi Covid-19. Sasaranya adalah masyarakat berpenghasilan rendah, seperti buruh tani, pedagang PKL, nelayan dan pekerja harian lepas lainnya. Sedangkan sumber kegiatan dari donasi yang terkumpul.

“Nah dari donasi yang terkumpul ini kami wujudkan dalam bentuk beras dan secepatnya akan disalurkan kepada penerima manfaat melalui Ansor Brebes Peduli.” ungkapnya.

Lebih lanjut Munsip mengatakan, pihaknya menyediakan dua pilihan paket bagi para donatur, ada paket beras kemasan 3 kg dengan nilai donasi 33.000 dan ada beras kemasan 5 kg senilai 55.000. “Melalui program ini diharapkan bisa meringankan beban dan masyarakat juga busa fokus di rumah, tidak khawatir kesulitan bahan makanan,” sambungnya.

Dia menambahkan, sebelumnya GP Ansor Brebes secara sigap menghadapi pandemi Covid-19 dengan membentuk Satuan Gugus Tugas (Satgas) Cegah Covid-19 dari tingkat Kabupaten (Cabang), kecamatan (Anak Cabang) hingga ke seluruh penjuru desa (Ranting) yang ada di wilayah Kabupaten Brebes. Semua lini dengan cepat melakukan kegiatan aksi nyata dalam pencegahan persebaran virus Corona Covid-19. Di antaranya melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di fasilitas ibadah (Masjid dan Musholla), fasilitas pendidikan, dan fasilitas umum lainnya, bahkan di rumah-rumah warga.

“Kegiatan penyemprotan disinfektan baik yang dilakukan secara mandiri (swadaya) oleh kader Ansor-Banser maupun yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa setempat, mendapatkan respon dan apresiasi yang luar biasa dari berbagai elemen masyarakat. Karena dengan partisipasi dari Ansor-Banser, pemerintah desa merasa terbantu untuk melakukan giat pencegahan Covid-19 di desanya,” pungkas dia.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA