Take a fresh look at your lifestyle.

Asyiknya Belajar Berhitung Dengan Permainan Wendell 7

460

TEGAL – Pelajaran matematika selama ini masih sering menjadi momok bagi para siswa sekolah. Namun, dengan metode pembelajaran yang baru dengan menggabungkan permainan dan daya ingat belajar berhitung ternyata sangat mengasyikan, yakni dengan metode Wendell 7.

Wendell 7 merupakan sebuah permainan kartu yang dicetuskan oleh Wendell Parnell warga Australia pada 2011. Permainan tersebut tercipta atas kekhawatirannya terhadap generasi sekarang yang lebih mengandalkan mesin, seperti kalkulator dan komputer daripada otak untuk berhitung. “Pada intinya permainan ini mengubah kebiasaan penggunaaan Gatget untuk anak-anak dan serta sebagai ajang untuk permainan yang menyenangkan” ujar Wendell saat berkunjung ke Kantor Suara Merdeka Perwakilan Tegal, kemarin.

Menurut dia, alasan utama mengunjungi Indonesia adalah untuk menimbulkan rasa bahwa matematika adalah suatu hal yang menyenangkan. Sebab, pada dasarnya anak-anak biasa menganggap kalau pelajaran tersebut menyebalkan. Permainan ini hanyalah edukasi semata karena selain permainan ini menghibur juga untuk menciptakan suatu pemahaman dan pembelajaran matematika itu sangat menyenangkan.”Kemunculan permainan wendel ini diharapkan kedepannya anak-anak mulai menyukai permainan ini dan bisa dilakukan untuk sebuah ajang kompetisi untuk kedepannya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wendell bersama rombongan akan melaksanakan kegiatan lokal karya di sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Yakni MTs NU Nurul Huda, Tembong Wah, Tegal, SMP N 2 Bojong, SMA N 1 Bojong, MTs Al Fatah Gabuhan Pemalang. Mereka akan menyosialisasikan serta mempraktikan tentang permainan Wendell 7 kepada para siswa maupun guru di sekolah tersebut, sehingga bisa membantu dalam upaya peningkatan mutu maupun kwalitas pendidikan. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA