Take a fresh look at your lifestyle.

Arus Lalu Lintas di Jalan Raya Clirit Lancar

134

BALAPULANG,smpantura.com -Ruas Jalan Yomani-Guci, tepatnya di kawasan Bukit Clirit Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang yang amblas Februari 2021, kini sudah selesai diperbaiki. Arus lalu lintas di jalan tersebut pada Minggu (9/5) terlihat lancar. Kondisi jalan dapat dilalui kendaran dari dua arah, baik dari arah Yomani maupun dari Guci.

Sebelumnya, dengan amblasnya jalan tersebut, lalu lintas menuju Yomani dan Guci sempat terganggu. Selama dilakukan perbaikan, lalu lintas di jalan itu menerapkan sistem buka tutup, sehingga pengendara harus mengantre. Amblesnya jalan tersebut juga mengakibatkan tempat wisata di Guci dan sekitarnya sepi pengunjung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin mengatakan, perbaikan jalan Clirit ditargetkan selesai Jumat (7/5) . Menurut Jaenal, perbaikan jalan merupakan penanganan kedaruratan sampai dengan pemberian lapisan penetrasi (lapen). Selanjutnya akan dilakukan finishing oleh Dinas Pekerjaan Umum.

“Jalan Clirit dilapen atau lapis penetrasi, untuk kewajaran saat dilewati. Apabila tidak dilapen akan licin untuk lalu lintas kendaraan,”sebutnya.

Jaenal mengatakan, perbaikan di jalan Clirit yang dilakukan sepanjang 800 meter, yang ada di sejumlah titik, mulai titik Turunan Duren, Jembatan Limus dan Clirit

“Semua sudah dilaksanakan. Sudah dilapen. Untuk pengerjaan perbaikan dilakukan dari turunan Duren, Jembatan Limus dan Clirit. Selanjutnya penanganan pasca bencana akan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum,”tuturnya.

Sementara itu, untuk jembatan Kaligintung yang menghubungkan Desa Batuagung dengan Cenggini, kata Jaenal sudah selesai dilakukan perbaikan. Jaenal mengatakan,perbaikan jembatan merupakan pekerjaan tanggap darurat yang dikerjakan BPBD. Untuk pengamanan badan jalan atau opritan, dengan sayap yang sudah jebol , penanganan yang dilakukan yakni melakukan pemadatan agar jembatan dapat dilalui.

Seperti jalan Clirit, setelah pekerjaan tanggap darurat selesai dilakukan BPBD, pekerjaan konstruksi permanen akan dilakukan DPU.

Jembatan Kaligintung sebelumnya mengalami longsor pada Maret lalu. Jembatan tersebut sempat ditutup untuk lalu lintas warga. (T04-Red)

BERITA LAINNYA