Take a fresh look at your lifestyle.

Antisipasi Virus Korona, Warga Perantauan Akan Dihadang di Gerbang Desa Kaliwungu

162

BALAPULANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Kaliwungu, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal akan menghadang warga yang pulang kampung saat mudik Lebaran. Mereka akan disemprot disinfektan dan pemeriksaan kesehatan awal untuk pencegahan masuknya Virus Korona ke wilayah tersebut. Hingga kini, Pemdes telah melakukan penyemprotan dan pembagian alat pencuci tangan.

Kepala Desa Kaliwungi, Akhmad Kusen mengatakan, kegiatan tersebut mendasari Surat Edaran dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, untuk menggunakan DD dalam upaya pencegahan Covid-19. Anggaran  pencegahan Covid-19 diambilkan dari pos tanggap bencana yang sudah dianggarkan dalam APBDes Kaliwungu. Anggaran tanggap bencana Rp 5 juta, digunakan untuk pembelian alat cuci tangan dan penyemprotan.

“Kalau misalkan biaya pencegahan Virus Korona masih kurang, kita akan ambilkan dari anggaran padat karya tunai,” ujarnya.

Dikatakan, alat pencuci tangan telah dibagikan ke sejumlah tempat umum yang dirasa berpotensi terjadinya penyebaran Virus Korona. Termasuk, penyemprotan juga dilakukan ke sejumlah fasilitas umum yang biasanya dikunjungi banyak masyarakat. Pada Kamis (26/3), penyemprotan dilakukan di 11 mushola, dan 3 masjid di Desa Kaliwungu. Selanjutnya penyemprotan dilakukan di sejumlah sekolah dan fasilitas umum lainnya.

“Kami prioritaskan untuk masjid, karena pada Jumat besok mau digunakan untuk shalat Jumat,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, warga Kaliwungu banyak yang merantau ke luar daerah. Hingga kini, sudah ada yang pulang kampung. Pihaknya sudah melakukan pendataan melalui RT dan RW, dan melaporkan ke bidan desa setempat. Jika warga yang pulang kampung mengalami gejala terjangkit Virus Korona, akan dirujuk ke puskesmas setempat.

“Sejauh ini, warga perantaun yang pulang kampung belum ada yang mengalami gejala tersebut. Tapi, kami menghimbau untuk melakukan karantina mandiri,” katanya.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi para warganya pulang kampung saat Lebaran, Pemdes Kaliwungu akan menyediakan petugas di gebang desa. Petugas itu akan melakukan penyemprotan dan deteksi awal. Jika indikasi mengarah ke Covid-19, maka akan dilakukan langkah lanjutan berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

“Semua akan diperiksa dan disemprot saat pulang ke kampung. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA