Take a fresh look at your lifestyle.

Antisipasi Calo Tanah di KIB, Bupati Bentuk dan Kukuhkan BKAD

48

BREBES – Guna mencegah praktik pencaloan jual beli tanah di Kawasan Industri Brebes (KIB), Bupati Brebes, Idza Priyanti membentuk dan mengukuhkan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di Pendapa Kabupaten, Rabu (3/2). Selain mengantisipasi calo tanah, keberadaan BKAD itu untuk mempermudah koordinasi di tingkat desa terkait pembangunan KIB.

Bupati Brebes. Idza Priyanti mengatakan, BKAD yang dibentuk itu beranggotakan 11 desa di 3 kecamatan yang masuk di wilayah KIB. Yakni, di Kecamatan Losari, Tanjung dan Kecamatan Bulakamba. “Mereka (BKAD) ini terdiri dari 11 kepala desa yang ada di tiga kecamatan yang nantinya bisa berkreasi membuat sebuah wadah dalam mewujudkan KIB ini lebih mudah,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya BKAD ini diharapkan mereka akan lebih mudah dalam mensosialisasi arahan dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat terkait KIB. Terutama, dalam pembebasan lahannya. Sehingga, nantinya masyarakat yang lahannya masuk di KIB mendapatkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Makanya pengukuhan ini juga kita menggandeng BPN, sehingga nantinya saat pembebasan lahan bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BKAD yang juga merupakan Kades Grinting, Kecamatan Bulakamba, Suhartono mengatakan, latar belakang dibentuknya BKAD karena pihaknya sering didatangi oleh para calo tanah. Kondisi itu juga meresahkan dan mengganggu kondusifitas desa. “Karena itulah kami 11 kades di wilayah KIB bersepakat membentuk BKAD untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, BKAD nantinya akan mendampingi masyarakat saat melakukan pembebasan lahan di wilayah KIB. “Kami juga tidak ingin adanya KIB, masyarakat kami hanya jadi penonton. Tapi harus jadi pelaku juga. Sehingga masyarakat sejahtera,” pungkasnya.(*)

BERITA LAINNYA