Take a fresh look at your lifestyle.

Angka Konsumsi Ikan di Kota Tegal Masih Rendah

172

TEGAL-Pemkot Tegal terus berupaya menggencarkan gerakan masyarakat gemar makan ikan. Pasalnya, angka konsumsi makan ikan bagi warga di Kota Tegal disebut masih rendah bahkan cenderung turun.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Kota Tegal Dewi Irianti mengungkapkan, angka konsumsi ikan di Kota Tegal pada tahun 2018 menurun dibandingkan tahun 2017.

Pada tahun 2017 angka konsumsi ikan sebesar 27,1 kg/kapita/pertahun. Sedangkan pada tahun 2018 angka konsumsi ikan turun menjadi 25,12kg/kapita/tahun.

“Ikan mempunyai banyak keunggulan dibanding lainnya. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat dibutuhkan terutama 1.000 hari pertama kehidupan,” kata Dewi saat sosialisasi Kampanye Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) di Hotel Pesona, kemarin.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal Noor Foady mengatakan hasil tangkapan ikan di Kota Tegal cukup besar. Bahkan bisa sampai mengiri  ke luar daerah.

“Ikan bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan.  Melalui kegiatan ini masyarakat bisa meningkatkan konsumsi ikan, baik ikan segar maupun yang sudah diolah sehingga kesehatan masyarakat semakin baik,” pungkasnya. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA