Take a fresh look at your lifestyle.

Alumni Beri Motivasi Siswa SMP 2 Slawi Agar Percvaya Diri

221

SLAWI – Puluhan alumni SMP 2 Slawi, Jumat (22/11) pagi, hadir di sekolah tempat mereka dahulu pernah menempuh pendidikan di Desa Dukuhsalam, Kecamatan Slawi.

Bersama ratusan siswa kelas 7,8 dan 9 dan para guru, para alumni mengikuti senam bersama dan pertandingan voli . Tak hanya bergembira bersama, para alumni yang kini bekerja di berbagai bidang ini juga memberi motivasi kepada adik kelasnya. 

Salah satu alumni, Subechi Imamudin yang sekarang menjabat Kepala Desa Dukuhdamu, pada sesi alumni mengajar, mengajak para siswa klas 9C yang diajarnya pagi itu, untuk tidak rendah diri.
“Jangan rendah diri menjadi siswa SMP 2 Slawi. Apa yang akan terjadi dengan sekolah dan diri kalian tergantung pada kalian saat ini. Kalian harus semangat,”sebutnya.

Subechi yang merupakan alumni tahun 1988 ini, juga mengajak siswa agar menghargai waktu dan disiplin.
“Saat bel berbunyi, segera masuk kelas. Jangan keasyikan di kantin. Kalau diberi PR oleh guru , ya dikerjakan,”sebutnya.

Sembari bernostalgia, Subechi, menceritakan, dulu saat duduk di bangku SMP, dirinya termasuk siswa yang rajin
mengerjakan PR , sehingga kerap jadi rujukan rekan-rekannya.  “Banyak teman yang tanya PR dan pinjam buku saya saat itu,”ujarnya, yang dikenal jago dalam mata pelajaran Matematika.

Selain Subechi, alumni lain yang hadir ada yang berprofesi polisi, sekdes, karyawan swasta da n masih banyak lainnya.
Ketua Ika Alumni SMP 2 Slawi, Ari Dwi Hendrarso mengatakan, kegiatan yang dilakukan alumni pada hari itu, merupakan sumbangsih kepada sekolah yang akan berulang tahun ke-37 pada Sabtu (23/11), sekaligus peringatan ulang tahun ke-1 Ika Alumni SMP 2 Slawi. “Kegiatan Alumni Mengajar baru pertama kali dilaksanakan, dan hari ini alumni mengajar di 27 kelas reguler dan satu kelas SMP terbuka,”jelas Ari.

Menurut pria yang bekerja di salah satu perusahaan teh di Slawi ini, dalam kegiatan tersebut, alumni ingin berbagi motivasi dan pengalaman kepada adik kelasnya.
“Adik-adik menganggap sekolah ini bukan sekolah favorit. Tapi, kami ingi mereka bangga dengan sekolah atau almamaternya. Jangan malu jadi siswa SMP 2 Slawi. Sebab, banyak orang sukses yang berasal dari sekolah ini,”ungkap Ari didampingi Ketua Komite SMP 2 Slawi, Dedi Hastomo.

Untuk itu, bersama alumni lainnya, pihaknya berencana menjadikan Alumni Mengajar sebagai kegiatan yang dilakukan secara periodik.  Ari yang pagi itu mengajar di kelas 7H , memebri motivasi siswa melalui permainan. Melalui permainan tersebut, dia menanamkan perlunya kekompakan, ketaatan pada ketua kelompok.

Kegiatan ulang tahun SMP 2 Slawi, juga akan dimeriahkan dengan jalan santai siswa pada Sabtu (23/11). Para alumni telah menyiapkan 200 doorprize untuk mereka. Pada Sabtu malam akan dilaksanakan malam paseduluran tembang kenangan. Dilanjutkan Minggu (24/11) dengan bakti sosial merapikan sekolah.

Sementara itu, Kepala SMP 2 Slawi, Heru Sutama menyampaikan apresiasinya terhadap terlaksananya kegiatan dari alumni. Heru mengatakan, beberapa siswa dan guru SMP 2 Slawi telah berhasil meraih prestasi membanggakan. Seperti yang diraih oleh Giraldo siswa 9D yang berhasil menjadi juara 1 kumite cabang karate pada pekan olahraga pelajar (Popda) Kabupaten Tegal 2019 belum lama ini.

Sekolah tersebut, juga telah melaksanakan UNBK , sehingga tak kalah dengan sekolah lain.  “Ini tahun kedua SMP 2 Slawi melaksanakan UNBK. Kemarin sudah melaksanakan simulasi UNBK untuk persiapan UN tahun depan,”sebutnya.

(Sari/Red 6)

BERITA LAINNYA