Take a fresh look at your lifestyle.

Aktifitas Pasar Tradisional Normal

86

PEMALANG – Aktifitas di pasar-pasar tradisional berjalan normal meskipun pemerintah memberlakukan kebijakan peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi risiko penularan covid-19. Aktifitas yang ditunjukkan dengan keramaian jual beli di pasar ini sekaligus menjawab berita bohong di jejaring sosial bahwa pasar akan tutup selama beberapa hari.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskoperindag UMKM) Hepi Priyanto pun memberikan penjelasan bahwa tidak ada kebijakan pasar tutup. Hepi bahkan menegaskan kalau jajarannya dalam gugus tugas pengendalian covid 19 ikut menambah fasilitas kebersihan di pasar-pasar.

“Di pasar Pagi kami sediakan air bersih dan sabun serta washtafel untuk cuci tangan pengunjung pasar,”kata Hepi dalam video conference dengan Bupati Pemalang kemarin.

Fasilitas tambahan tersebut kata dia tidak hanya disediakan di pasar Pagi saja namun di semua pasar di lingkungan Diskoperindag UMKM. Semua pengunjung pasar akan diarahkan untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke pasar.

Di Pasar Comal, Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Irwanto menjelaskan aktifitas perdagangan di pasar Comal berjalan normal.”Untuk pencegahan risiko penularan covid-19 kami mendapatkan kiriman washtafel dan sabun sebanyak dua unit,”kata Irwanto.

Dua alat kebersihan itu lanjut dia dipasang di pintu masuk utara dan selatan. Adapun untuk pemasangannya lanjut dia tidak sekadar dipasang namun harus memerhitungkan jarak pemasangan dengan bak air yang ada di pasar agar air terus tersedia.

Kemudian air bekas cucian juga harus dijaga agar mengalir ke saluran air sehingga daerah sekitar washtafel tetap bersih.

Sementara itu normalnya aktifitas perdgangan di pasar Comal tidak hanya ditujukkan dengan ramainya jual beli di sana namun juga di lingkungannya. Kemacetan di Jl A Yani yang menjadi pemandangan sehari-hari masih terjadi hingga kemarin.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA