Take a fresh look at your lifestyle.

Aksi Sterilisasi di Perbatasan Jateng-Jabar, Puluhan Alat Semprot Pertanian Dikerahkan

144

BREBES – Puluhan alat semprot pertanian milik warga dikerahkan dalam aksi sterilisasi di daerah perbatasan Jateng-Jabar, di jalur pantura Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Rabu (15/4). Aksi sterilisasi dengan penyemprotan cairan desinfektan ini dilakukan ratusan warga di Desa Losari Kidul, Kecamatan Losari. Upaya itu ditempuh untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19).

Kepala Desa (Kades) Losari Kidul, Arjo Suharjo mengatakan, sedikitnya 90 alat pertanian untuk penyemprotan tanaman di sawah digunakan dalam aksi tersebut. Peralatan itu semuanya milik warga yang secara sukarela dipinjamkan. “Kami sadar, desa kami yang berada di jalur pantura dan berbatasan langsung dengan provinsi lain ini menjadi pintu masuk para pemudik yang pulang ke Jateng. Untuk itu, kami perlu melakukan upaya pencegahan melalui sterilisasi ini,” terangnya.

Menurut dia, kegiatan swadaya masyarakat itu melibatkan ratusan warga. Melalui kegiatan tersebut pihaknya juga memberikan edukasi agar masyarakat sadar untuk melakukan upaya pencegahan mandiri, seperti menggunakan masker. “Sambil melakukan penyemprotan, kami juga memberikan sosialisasi terkait pencegahan virus korona kepada warga,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga saat ini pemudik asal desanya ada sebanyak 200 orang yang sudah pulang kampung. Mereka seluruhnya telah melakukan cek kesehatan dan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. “Kita juga terus melakukan pendataan dan pemantauan kepada warga yang baru pulang dari perantauan ini. Mereka kami minta wajib lapor ke desa saat tiba di rumah,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA