Take a fresh look at your lifestyle.

Akses Ekonomi Terganggu, Jalan Dukuh Wanarata Memprihatinkan

111

JATINEGARA,smpantura.com – Jalan Dukuh Wanarata menuju Dukuh Bangsa, Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, sangat memprihatinkan. Kondisi rusak parah itu membuat akses ekonomi terganggu. Diharapkan, jalan tersebut segera diperbaiki.

Kepala Desa Wotgalih, Warji mengatakan, kondisi jalan sepanjang 6 kilometer dan lebar 4 meter itu, berlubang dan bergelombang. Kondisi itu membuat kendaraan roda dua dan empat sulit melalui jalan tersebut. Bahkan, banyak masyarakat yang terjatuh saat melintasi jalan Dukuh Wanarata.

“Jalan sangat memprihatinkan, sehingga akses perekonomian terhambat dan beresiko terjatuh saat melalui jalan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, jalan tersebut merupakan kewenangan jalan kabupaten, dan pada tahun 2011 pernah diperbaiki dengan progran TMMD. Namun, sampai saat ini belum ada perbaikan kembali. Pemdes Wotgalih sebenarnya mendapatkan anggaran untuk perbaikan jalan tersebut. Akan tetapi, perbaikan hanya di desa Dukuh Bangsa dan tidak sampai ke Dukuh Wanarata Sesa Wotgalih.

” Kami berharap walaupun di masa Pandemi Covid-19 ini, jalan tersebut agar segera di perbaiki demi menunjang akses perekonomian masyarakat Dukuh Wanarata,” pintanya.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal, M Nuh menjelaskan, pada tahun 2020 mendapatkan anggaran untuk rigit beton di ruas Dukuh Bangsa-Wotgalih senilai Ro 950 juta. Namun, anggaran itu hanya cukup untuk perbaikan jalan sepanjang kurang dari 1 kilometer. Hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran untuk perbaikan jalan.

“Wotgalih pasa tahun anggaran 2021 dianggarkan Rp 192 juta. Sayangnya hanya untuk perbaikan jembatan yang putus karena banjir akhir tahun lalu. Kini, jembatan itu sudah selesai dikerjakan,” pungkasnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA