Take a fresh look at your lifestyle.

AKBP Rita Siap Kawal Produksi Sapu Sorgum untuk Pemulihan Ekonomi

50

TEGAL – Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo ingin memberikan energi untuk perempuan-perempuan di Kota Tegal. Hal itu diungkapkan, saat dirinya menyambangi sebuah pabrik sapu sorgum di Kelurahan Panggung, Selasa (9/3).

“Memperingati Hari Wanita Nasional, saya sebagai perempuan yang diberi amanah menjadi Kapolres, ingin mewujudkan apa yang menjadi spirit dan harapan serta prioritas program Kapolri. Salah satunya, melakukan pemulihan ekonomi nasional,” terang AKBP Rita disela tinjauan.

Menurut dia, dijabarkan dalam bentuk 100 hari kerja Kapolri, pihaknya akan melakukan pendampingan. Mengawal setiap program-program Pemerintah yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

“Kita lihat di sini, ada pengelolaan pembuatan sapu sorgum, yang banyak dilakukan perempuan Kota Tegal. Mereka rata-rata minimal lima tahun sudah bekerja. Bahkan ada yang 35 tahun,” pungkasnya.

AKBP Rita mengaku, siap melakukan pendampingan dan mengawal, agar produksi dapur sorgum yang mayoritas dikerjakan kaum hawa dapat berjalan lancar.

Sebab, pemilik pabrik mengaku mengalami sejumlah hambatan dan kendala. Utamanya dalam penyediaan bahan baku. Untuk itu, AKBP Rita menyatakan siap bersinergi dengan TNI dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk mengawal supaya proses penanaman.

“Hasilnya, tentu saja menjadi bahan baku pokok pembuatan sapu sorgum. Karena dalam cuaca ekstrem beberapa bulan ini banyak petani tanaman sorgum yang gagal panen,” jelasnya.

Padahal, sambung AKBP Rita, sapu sorgum banyak mendapat order dari Jepang, Korea dan China. Dia berharap, masyarakat Kota Tegal dapat mendukung dan ikut peduli terhadap semua perempuan se-Kota Tegal yang mana saat ini yang dibutuhkan bukan hanya bahan baku, tetapi ketersediaan tenaga kerja.

“Selain bahan baku. Tenaga kerja juga sangat dibutuhkan di sini. Karena kita ketahui, banyak sekarang masyarakat yang memilih untuk konsumtif,” tutupnya. (*)

BERITA LAINNYA