Take a fresh look at your lifestyle.

Agus Salim : Untuk Penanganan Korona, Rp 600 Miliar Pun Akan Disetujui

180

SLAWI – DPRD Kabupaten Tegal bakal menyetujui berapa pun anggaran yang diusulkan Pemkab Tegal dalam menangani wabah Virus Korona (Covid-19). Bahkan, Pemkab bisa mengusulkan Rp 600 miliar jika memang untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Tegal.

“Sejak awal kami sampaikan, berapa pun anggaran yang dibutuhkan akan disetujui. Asalkan, masyarakat bisa terlindungi dari dampak Virus Korona,” kata Agus Salim, Jumat (3/4).

Dikatakan, alokasi Rp 600 miliar diambilkan dari Belanja Langsung dalam APBD Kabupaten Tegal tahun 2020. Belanja langsung yang sekitar Rp 1,2 trilyun itu, bisa digunakan separuhnya untuk penanganan Korona. Anggaran tersebut merupakan anggaran Belanja Modal yang masih bisa dialihkan untuk kegiatan mendesak.

“Sedangkan separuh Belanja Langsung lainnya untuk operasional OPD. Jika digunakan semuanya, maka OPD tidak bisa bekerja,” ujar politisi PKB itu.

Menurut dia, alokasi anggaran kegiatan DPRD juga akan dirasionalisasi, diantaranya anggaran kunjungan kerja sekitar Rp 1,8 miliar, anggaran reses anggota DPRD sekitar Rp 1 miliar, dan anggaran lainnya. DPRD merencanakan merasionalisasi sekitar Rp 5 miliar untuk penanganan Covid-19. Sementara itu, pergeserangan anggaran untuk alokasi penanganan Korona tidak melalui percepatan Perubahan APBD Kabupaten Tegal tahun 2020.

“Pergeseran anggaran hanya disetujui pimpinan DPRD. Untuk perubahan APBD sesuai dengan jadwal,” ujarnya.

Agus Salim menanggapi sejumlah perusahaan yang telah mem-PHK karyawannya. Ia sangat menyayangkan perusahaan tersebut, dan meminta untuk tidak mem-PHK para karyawan. Perusahaan jangan melihat dari untung dan rugi saat kondisi seperti sekarang ini. Perusahaan harus melihat sisi kemanusian dalam permasalahan tersebut.

“Selama ini, perusahaan sudah banyak mendapatkan untung dari para karyawan. Tapi, saat kondisi seperti ini malah tidak ada rasa kemanusiaan,” tegasnya. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA