Take a fresh look at your lifestyle.

Agen Perjalanan Umrah Jadwal Ulang Keberangkatan Jemaah

-Promo Umrah Dihentikan Sampai Ada Kepastian

128

SLAWI-Puluhan orang calon jemaah umrah di Kabupaten Tegal dijadwalkan ulang keberangkatannya. Hal ini dilakukan setelah Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya, sebagai langkah antisipasi virus korona (Covid-19).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal , Sukarno melalui Kepala Seksi Penyelenggaa Haji dan Umrah, Mujahidin Nurburhan mengatakan,  hasil koordinasi yang dilakukan dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Kabupaten Tegal, diketahui terdapat 27 oang calon jemaah umrah yang dijadwalkan ulang keberangkatannya ke tanah suci.

Para calon jemaah ini akan berangkat mengunakan bro perjalanan umrah PT Madani Prabu Jaya,Trayeman, PT Garis Lurus Lintas Semesta ,Desa Munjungagung, Kramat dan PT Syafa Asik Wisata (Syafa Wisata), Kalisapu ,Slawi.

“Biro perjalanan umrah menjadwal ulang atau merechedule keberangkatan calon jemaah umrah. Jemaah sudah memahami hal itu, karena penangguhan umrah merupakan kebijakan Pemerintah Arab Saudi,”sebut Burhan saat ditemui, Senin (2/3).

Burhan menyebutkan, PT Syafa Asik Wisata (Syafa Wisata)  rencananya akan memberangkatkan sepuluh orang calon jemaah dari Kabupaten Tegal pada Minggu (1/3) lalu.

Kemudian dari PT Garis Lurus Lintas Semesta akan memberangkatkan tujuh calon jemaah pada 2 Maret 2020 dan PT Madina Prabu Jaya rencananya memberangkatkan sepuluh calon jemah pada 14 Maret 2020.

Sementara dari  Furqon Travel, Danawarih  rencananya akan memberangkatkan calon jemaah pada akhir Maret, Hasanah memberangkatkan di bulan April, Dharma Wisata,Mejasem,  baru memberangkatkan awal Ramadan.

Burhan menyebutkan, sebelum kebijakan tersebut berlaku,  Az Phiat Tour Kalibakung telah memberangkatkan 16 orang calon jemaah pada 21 Februari lalu.

“Informasi dari pendampingnya, ibadah umrah tidak terpengaruh dengan kabar tersebut. Jemaah dapat melaksanakan ibadah secara normal dan dalam kondisi sehat,”jelasnya.

Direktur Utama Syafa Wisata Kabupaten Tegal,  Ahmad Munasik , membenarkan ada sepuluh calon jemaah umrah yang dijadwal ulang keberangkatannya.

“Total ada 31 orang yang akan berangkat dengan Syafa Wisata. Ada dari Pemalang,Purwokerto, Pekalongan dan Tegal. Dari Tegal ada sepuluh orang,”sebutnya, kemarin.

Menurut Ahmad Munasik,  rencananya calon jemaah akan terbang pada 1 Maret pukul 10.50 menggunakan Maskapai Flynas.

Dengan adanya penangguhan umrah Arab Saudi yang berlaku mulai 27 Februari 2020 , maka pemberangkatan dijadwal ulang.

Ahmad menyebutkan, kabar tentang penangguhan umrah sudah diterima dari perwakilan yang ada di Arab Saudi sejak 27 Februari pagi.

“Pada tanggal 27 Februari ba’da Subuh, kami sudah mendapat kabar tersebut. Setelah itu ramai diberitakan di televisi. Kami langsung memanggil koordinator umrah untuk menjelaskan hal tersebut kepada calon jemaa pada hari itu juga,”jelasnya.

Pemberitahuan dilakukan koordinator dengan cara mendatangi calon jemaah di rumahnya. Calon jemaah diminta bersabar sambil menunggu kebijakan dari Arab Saudi.

Diakui, penangguhan umrah Arab Saudi sangat berdampak terhadap agen perjalanan umrah. Sementara ini, agen menghentikan promo umrah, karena belum mendapat kepastian kapan visa dibuka kembali.

Dengan adanya kejadian ini,dia mengimbau calon jemaah tidak khawatir.  Pihaknya menjamin tidak ada biaya tambahan kepada calon jemaah umrah.

“Sekalipun tertunda karena ada kebijakan ini, mereka tidak usah khawatir dan uangnya ada jaminan,”imbuhnya. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA