Take a fresh look at your lifestyle.

Adukan Pelayanan Publik, Bisa Lewat Rubrik Lapor Ketua DPRD 

143

BATANG – Ketua DPRD Batang Maulana Yusup melakukan terobosan dengan membuka kanal untuk menerima aduan atau masukan terhadap pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Batang. Warga yang ingin menyampaikan masukan, bisa menyampaikan lewat Lapor Ketua DPRD di nomor handphone dan Whatsapp 085800001500.

”Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan saran, masukan, kritikan dan keluhan terhadap pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Batang silahkan bisa menghubungi nomer tersebut. Itu nomor handphone dan Whatsapp (WA) pribadi yang saya buka secara luas guna menampung aspirasi, sekaligus masukan dari masyarakat untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Batang lebih baik ke depan,” ujarnya, Kamis (2/7).

Dia menjelaskan, sebagai Ketua DPRD dirinya memiliki kewajiban untuk menyuarakan apa yang menjadi permasalahan di tengah masyarakat. Pihaknya bersifat terbuka terhadap masukan, kritikan dan keluhan dari masyarakat yang arahnya bisa mendorong mutu pelayanan publik semakin meningkat di Kabupaten Batang. Masyarakat bisa memanfaatkan kanal Lapor Ketua DPRD untuk menyampaikan aduan atau keluhan pelayanan publik yang dirasakan dari jajaran Pemkab Batang.

”Kadang masyarakat bingung kalau menemui pelayanan publik yang tidak baik mengadu dan melapornya kemana. Untuk itu, saya persilahkan masyarakat memanfaatkan kanal Lapor Ketua DPRD yang ada. Kalau mengetahui ada masalah, bisa menghubungi nomer tersebut. Kalau saya tidak bisa memberi solusi secara langsung, minimal bisa menjembatani pada jajaran Pemkab Batang untuk diberikan solusi,” tuturnya.

Yusup menambahkan, jabatan Ketua DPRD Batang adalah amanah yang harus dijaga untuk kepentingan masyarakat. Karena itu, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin membantu masyarakat agar mendapatkan pelayanan publik yang benar-benar baik dari jajaran birokrasi.

Dengan kanal Lapor Ketua DPRD, Yusup ingin warga aktif menyampaikan aduan persoalan pelayanan publik yang dihadapi di tengah-tengah mereka. Saat ini, dengan perkembangan teknologi, itu bisa dilakukan secara digital. Arahnya untuk terus mendorong tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Saat ini misalnya, pihaknya sudah banyak menerima aduan dan laporan berbagai permasalahan di tengah masyarakat. Seperti pelayanan dasar di desa, soal kerusakan infrastruktur jalan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan sampai permasalahan terkait Covid-19.

”Ketika ada aduan, maka segera saya tindaklanjuti dengan menelpon atau menghubungi kepala dinas di jajaran Pemkab Batang. Kami minta solusinya seperti apa dan minta mereka untuk segera diberikan penananganan. Jadi permasalahan yang ada di tengah masyarakat bisa segera tertangani dengan cepat oleh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD). Ini bagian dari kontribusi saya untuk masyarakat di Kabupaten Batang,” katanya.

(T.Suhito-red2)

BERITA LAINNYA