Take a fresh look at your lifestyle.

Ade Ray Masyarakatkan Pola Hidup Sehat

154

PEMALANG – Atlet binaraga yang juga artis Ade Ray memasyaratkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan pola hidup sehat di pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (20/8). Ade Ray yang juga duta merek (Brand Ambassador) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyosialisasikan JKN KIS kepada komunitas-komunitas olahraga, transportasi dan ibu-ibu PKK.

Ade mengatakan pola hidup sehat dimulai dari pola makan yang baik kemudian olahraga yang cukup.”Kalau kita makan jangan menunggu terlalu lapar dan jangan berhenti sebelum terlalu kenyang,”kata Ade.

Sementara apabila makan maka takaran nasi atau korbohidrat adalah sebesar tangan mengepal kemudian lauknya selebar tangan yang jarinya ditekuk. Menurut Ade takaran tersebut sudah menunjukkan pola hidup sehat.

“Semua karbohidrat di dalam tubuh kita akan diubah menjadi gula baik itu nasi, roti tawar, tepung, coklat, mi instan dam sejenisnya kemudian gula akan ditimbun dalam sel-sel darah yang daya tampungnya terbatas,”ujarnya. Kelebihan gula dalam darah itulah yang meyebabkan penyakit diabetes molitus.

Sementara itu Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Eko Yulianto mengatakan kehadiran Ade Ray ke Pemalang untuk melaksanakan tugas memasyarakatkan program BPJS Kesehatan.

“BPJS Kesehatan memiliki program preventif salah satunya dengan sosialisasi pola hidup sehat, kami punya Brand Ambassador yaitu Ade Ray,”kata Eko. Kegiatan Ade Ray dalam memasyarakatkan pola hidup sehat lanjut dia diawali dari Grobogan, Magelang kemudian Pemalang.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang Siti Umroh Nurdin mengatakan sosialisai JKN KIS dan pola hidup sehat dilaksanakan dengan harapan dapat meningatkan jumlah peserta BPJS Kesehatan.”Saat ini untuk kepesertaan BPJS Kesehatan sampai dengan bulan Agustus di Pemalang sudah mencapai 80,7% dari jumlah penduduk Kabupaten Pemalang,”kata Umroh.

Menurut dia dari jumlah penduduk 1,4 juta sudah 1,1 juta yang menjadi peserta. Karena itu melalui acara tersebut Umroh berharap JKN KIS bisa meningkat menjadi 100% dari jumlah penduduk. Kemarin acara sosialisasi dibuka oleh Kabag Tata Pemerintahan Setda, Tarjono.(Ali/red3)

BERITA LAINNYA