Take a fresh look at your lifestyle.

ACT Salurkan Air Bersih Untuk Warga Jatinegara Tegal

122

TEGAL – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tegal mendistribusikan 8.000 liter air bersih untuk kawasan kekeringan di beberapa tempat di Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. Yakni, Dusun Dukuh Tengah dan Dukuh Lunggadung, Desa Tamansari, Kecamatan Jatinegara.

Kepala Cabang ACT MRI Tegal, Siswartono menyampaikan, pada musim kemarau ini ACT dan MRI terus berupaya optimal untuk menyalurkan bantuan air bersih ke wilayah dan masyarakat yang terdampak kekeringan. Respons dan permintaan masyarakat cukup antusias. Sebab untuk mendapatkan air bersih mereka harus mengambil dari sumber air yang jaraknya cukup jauh atau harus membeli dari penjual air keliling. “Untuk itu kami juga mengetuk masyarakat yang berlebih agar bisa berbagi dengan warga yang kesulitan air. Kami siap untuk mendistribusikannya ke wilayah yang terdampak kekeringan,” katanya.

Menurut dia, MRI-ACT juga siap bersinergi dengan pemerintah atau dinas terkait dalam membantu kebutuhan masyarakat dalam penanggulangan bencana kekeringan yang melanda wilayah pantura khususnya, juga wilayah Indonesia pada umumnya. Selain itu, untuk meminimalisir dampak kekeringan akibat musim kemarau ke depannya, MRI dan ACT telah memiliki program. “Kami berencana akan ada program sumur dangkal / sumur wakaf di musala atau masjid serta rehab rumah tidak layak huni,” ujarnya. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA