Take a fresh look at your lifestyle.

934 Calon Jemaah Haji Asal Brebes Batal Berangkat

135

BREBES – Sebanyak 934 calon jemaah haji asal Kabupaten Brebes batal berangkat dalam musim haji tahun ini. Hal itu menyusul keluarnya keputusan pemerintah pusat untuk tidak memberangkatkan calon jamaah haji, akibat dampak pendemi virus korona (Covid-19).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Brebes Mad Soleh mengatakan, terkait keputusan pemerintah pusat tidak memberangkatkan calon jamaah haji tahun ini, di Brebes berdampak kepada sebanyak 934 calon haji asal Kota Bawang. Mereka yang seharusnya berangkat tahun ini, terpaksa batal untuk ke tanah suci.

“Di Brebes, ada 934 calon jemaah haji yang seharusnya berangkat tahun ini. Namun akibat adanya pembatalan dari pemerintah pusat, jadi mereka gagal berangkat tahun ini,” ungkapnya.

Menurut dia, sebanyak 934 calon jemaah haji tersebut terdiri dari 925 calon jemaah haji reguler. Kemudian, 8 orang Pendamping Haji Daerah (PHD) dan satu orang pembimbing ibadah dari KBIHU.

“Untuk 934 calon jemaah haji Ini secepatnya akan kami berikan surat edaran terkait prihal pembatalan berangkat. Sehingga, mereka mendapatkan informasi terbaru terkait prihal keberangkatan haji tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Meski ada pembatalan, pihaknya akan memprioritaskan 934 calon jemaah haji untuk bisa berangkat tahun depan pada 2021. “Secara otomatis mereka yang gagal berangkat tahun ini, akan kita geser ke tahun berikutnya. Yakni, berangkat pada 2021 mendatang,” terangnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA