Take a fresh look at your lifestyle.

87.942 Warga Telah Diikutkan Dalam JKN

193

TEGAL – Sebanyak 87.942 warga Kota Tegal telah diikutkan dalam program kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mereka masuk sebagai peserta JKN Penerima Bantuan Iuran (PBI), baik menggunakan dana APBN, APBD Provinsi Jateng dan APBD Kota Tegal. Hal itu disampaikan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam rapat paripurna DPRD Kota Tegal, Senin (22/7).

Menurut dia, rincian kepesertaan JKN PBI sampai 4 Mei 2019, yaitu PBI APBN sebanyak 76 jiwa, PBI APBD Provinsi Jateng 9.260 jiwa dan PBI APBD KOTA Tegal sebanyak 32.600 jiwa, sehingga jumlahnya sebanyak 118.609 jiwa.”Secara keseluruhan, kepesertaan JKN PBI melebihi data Basis Data Terpadu (BDT) kemiskinan. Bagi warga miskin Kota Tegal yang belum memiliki kartu JKN, masih dapat mengajukan untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Dedy mengemukakan, terkait peningkatan pelayanan dasar kesehatan masyarakat Kota Tegal, secara prinsip perlu dilakukan peningkatan akses pelayanan dengan inovasi – inovasi dan membangun tema – tema kesehatan yang inovatif. Sedangkan, tentang pembangunan balai lansia khusus bagi lansia warga Kota Tegal yang tidak memiliki keluarga, untuk pembangunannya merupakan kewenangan provinsi. “Untuk peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing dalam menatap perubahan-perubahan sosial dan memperkuat aksesbilitas terhadap lapangan pekerjaan telah tertuang dalam misi ketiga RPJMD. (Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA