Take a fresh look at your lifestyle.

80 Pedagang dan Pengunjung Pasar Bangbayang di Rapid Tes, 69 Reaktif

817

BREBES – Upaya memutus mata rantai penyebaran virus korona (Covid-19), kini terus dilakukan Pemkab Brebes. Jumat (5/6), tim Gugus Tugas Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes melakukan rapid tes masal terhadap 80 pedagang dan pengunjung Pasar Bangbayang, Kecamatan Bantarkawung. Hasilnya, dari 80 orang yang diambil sample secara acak, diketahui 69 orang di antaranya reaktif.

“Tadi, dari 80 sampel yang diambil dari pedagang dan pengunjung Pasar Bangbayang, Bantarkawung, hasilnya diketahui 69 di antaranya reaktif,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Bantarkawung, Eko Supriyanto, disela-sela kegiatannya.

Eko yang juga Camat Bantarkawung itu mengungkapkan, para pedagang dan pengunjung pasar yang hasil rapid tesnya reaktif tersebut, nantinya akan dilakukan pemeriksaan swab. Namun sambil menunggu sample swab diambil, mereka oleh tim gugus tugas akan diberikan edukasi terhadap anggota keluarga terkait virus korona. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan suplai vitamin C dari Puskesmas Bantarkawung untuk meningkatkan imun. “Nanti, yang hasilnya positif ini akan diambil swab. Kami juga akan memberikan edukasi kepada keluarganya,” ungkap dia.

Sementara Kepala Puskesmas Bantarkawung, dr Ely Hikmawati mengatakan, rapid tes yang dilakukan di Pasar Bangbayang itu merupakan bagian dari upaya screnning untuk mengantisipasi penyebaran virus koronan. Awalnya, tim melakukan tracking terhadap keluarga pasien yang positif, namun karena diduga sudah meluar, sehingga diputuskan melakukan screnning. Yakni, dengan melalui repid tes. “Metodes screnning ini, kami mengambil sample secara random terhadap pedagang dan pengunjung pasar,” ujarnya.

Menurut dia, dari sebanyak 80 sample yang diambil itu, terdiri dari 11 orang pengunjung pasar dan 69 pedagang pasar. “Setelah ini, kami akan melakukan tracking lini dua, dari hasil mereka yang rapid tesnya reaktif,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono membenarkan, jika saat ini telah dilakukan rapid tes masal di Pasar Bangbayang, Kecamatan Bantarkawung. “Dari warga yang hasil rapid tesnya reaktif, nanti akan kami swab. Nah, sambil menunggu swab dan hasilnya, mereka dilakukan isolasi mandiri,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA