Take a fresh look at your lifestyle.

8 Ruang Kelas Di SD Kedungsugih 01 Nyaris Ambruk

164

SLAWI – Sebanyak delapan ruang di SD Kedungsugih 01 Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, nyaris ambruk. Kondisi itu disebabkan atap bangunan rusak parah. Hingga kini, sekolah satu-satunya di Desa Kedungsugih itu belum mendapatkan bantuan.

Kepala SD Kedungsugih 01, Suwito saat dihubungi mengatakan, kondisi SD Kedungsugih 01 sangat memprihatinkan. Dari 11 ruang yang ada, delapan ruang mengalami rusak parah. Ruang yang rusak berada di kelas 1, kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Sedangkan, empat ruang lainnya yakni ruang kesenian, ruang perpustakaan, ruang UKS dan ruang guru. Plafon semua ruang tersebut sudah jebol dan kayu atap bangunan juga sudah melengkung. Hal itu diperparah dengan genting ruang yang sudah bocor. Pemandangan tak sedap juga terlihat pada dinding ruangan yang sudah mengelupas.

“Delapan ruang itu rawan ambruk. Tapi, kami masih menggunakan empat ruangan yang kami rasa tidak berbahaya,” kata kepala sekolah yang baru dua bulan ditugaskan di SD Kedungsugih 01 itu.

Dijelaskan, SD Kedungsugih 01 memiliki 168 siswa yang terbagi menjadi 6 rombongan belajar (rombel). Karena hanya tiga ruang kelas yang kondisinya masih bagus, maka terpaksa menggunakan tiga ruang dan 1 ruang guru yang kondisinya membahayakan. Namun, pihak sekolah memilih ruang kelas yang tidak terlalu berbahaya.

“Jika kondisi hujan dan dirasa berbahaya, siswa dipulangkan. Kami tidak mau ambil risiko jika siswa kejatuhan genting atau ruangan ambruk,” kata Suwito.

Kondisi memprihatinkan, lanjut dia, juga terjadi di halaman sekolah. Setiap hujan lebat, halaman sekolah banjir. Kendati kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, namun kondisi halaman sangat mengganggu para siswa dalam belajar. Pihaknya sudah menyampaikan keluhan itu kepada Anggota DPRD Kabupaten Tegal, dan mengusulkan perbaikan dalam acara Musrenbang.

“Kami sangat berharap agar segera diperbaiki,” harapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari wilayah Pagerbarang, Erni mengaku mendapatkan keluhan dari Kepala SD Kedungsugih 01 terkait dengan kerusakan ruang kelas. Pihaknya berupaya mengusulkan untuk dilakukan perbaikan.

“Semoga usulan diakomodir Bupati. Ini sangat darurat mengingat kondisi bangunan rawan ambruk,” pungkasnya. (Wiwit-red)

BERITA LAINNYA