Take a fresh look at your lifestyle.

751 ODR di Brebes Diswab Masal, Ini Hasilnya

124

BREBES – Dinas Kesehatan Pemkab Brebes melakukan swab masal terhadap Orang Dalam Risiko (ODR) di wilayahnya. Dari ribuan ODR yang di swab masal itu, ada sebanyak 751 ODR yang hasil swabnya sudah keluar, bagaimana hasilnya? 

Juru Bicara Tim Tugus Tugas Covid-19 Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso mengatakan, sejak 26 Agustus hingga 3 September ada sebanyak sudah ada 1.887 ODR di Brebea yang diambil sample swab. Pengambilan sample dilakukan di seluruh puskesman yang ada di Brebes. Dari jumlah itu, ada sebanyak 751 ODR yang hasil swabnya kini sudah keluar.

“Hasil swab ini keluar dalam dua tahap. Pertama pada 4 September lalu keluar hasil swab bagi 551 ODR, dan hari ini keluar hasilnya lagi bagi 200 ODR. Sehingga, total hasil swab yang keluar sebanyak 751 ODR. Dari jumlah ini, sebanyak 84 ODR positif Covid-19 dan 667 ODR hasilnya negatif,” ungkapnya.

Menurut dia, swab terhadap ODR sasaranya bagi warga yang memiliki penyakit TBC dan beberapa penyakit rentan terhadap Covid-19 lainnya. “Upaya swab masal ini kami lakukan sebagai langkah antisipasi, khususnya terhadap warga yang masuk ODR,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, adanya 84 warga yang hasil swabnya positif, menjadikan jumlah kasus positif di Brebes bertambah. Hingga saat ini total kasus Covid-19 di Brebes sebanyak 181 kasus. Jumlah itu teridiri dari 61 orang dinyatakan sembuh, 86 orang isolasi mandiri, 31 orang dirawat dan tiga orang dilaporkan meninggal dunia.

“Dari data kami, total kasus Covid-19 di Brebes saat ini mencapai 181 kasus. Karena itu, masyarakat kami minta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

(setiawan/red2) 

BERITA LAINNYA