Take a fresh look at your lifestyle.

70 Sarang Lebah Vespa di Kota Tegal Dimusnahkan

173

TEGAL – Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tegal telah memusnahkan sekitar 70 sarang lebah jenis Vespa Affinis di wilayah Kota Tegal sejak beberapa bulan lalu. Pemusnahan itu dilakukan karena lebah jenis tersebut sangat membahayakan nyawa manusia.

“Hingga saat ini sudah ada 70 sarang yang dimusnahkan,” kata seorang petugas Damkar Kota Tegal, Casmidi (55) saat ditemui usai memusnahkan sarang lebah Vespa di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Minggu sore (26/1).

Dikatakan, pemusnahan sarang lebah Vespa berdasarkan laporan masyarakat. Biasanya, masyarakat melaporkan adanya sarang itu setelah ada warga yang tersengat lebah tersebut. Pihaknya langsung melakukan pemusnahan, karena lebah yang juga disebut tawon Endas itu sangat berbahaya.

“Sejauh ini sudah ada korban tewas dan sejumlah orang luka-luka akibat sengatannya, sehingga kalau ada laporan langsung dimusnahkan,” ujarnya.

Menurut dia, laporan masyarakat tentang keberadaan lebah Vespa marak pada bulan Desember 2019. Petugas hampir setiap hari memusnahkan sedikitnya 10 sarang di lokasi yang berbeda-beda.

“Tapi, sekarang sudah mulai menurun jumlahnya,” terangnya.

Lurah Panggung, Heru Sukoco menjelaskan, serangan lebah yang dikenal dengan sebutan tawon endas itu sudah beberapa kali terjadi di wilayahnya. Itu tersebar di 6 RW dengan korban sengatan lebih dari enam orang.

“Setiap kali ada warga yang melaporkan terkena sengatan, nanti setelah dicek pasti ada sarang tawon yang ukurannya cukup besar. Kemudian kami langsung minta petugas Damkar untuk memusnahkannya,”katanya.

Ditambahkan, pemusnahan dilakukan karena keberadaan tawon itu sudah cukup meresahkan. Lebah-lebah itu menyerang secara acak, sehingga siapa saja bisa terkena sengatan.

“Kita juga tidak mau jatuh korban, sehingga begitu ada yang tersengat langsung kami minta musnahkan,” pungkasnya. (Wiwit/red03)

BERITA LAINNYA