Take a fresh look at your lifestyle.

7.046 Pelayan Publik Telah Disuntik Vaksin Covid-19

83

SLAWI – Ribuan tenaga kesehatan dan pemberi layanan publik di Kabupaten Tegal telah disuntik vaksin Covid-19 pada tahap 2 termin 1. Dari data Dinas Kesehatan sejak 23 Februari hingga 2 Maret 2021, tercatat dari 7.128 sasaran terdaftar dan manual, sebanyak 7.046 sasaran berhasil disuntik vaksin korona buatan Sinovac.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Joko Wantoro menyampaikan, 7.046 sasaran yang telah divaksin, diantaranya tenaga kesehatan, TNI, Polri, jurnalis, Satpol PP, kepala OPD, DPRD, camat, kepala desa/lurah dan perangkat, kepala sekolah, pemuka agama dan pedagang.

“Dari 7.128 sasaran, yang telah disuntik vaksin 7.046 orang atau 98,8 persen,”jelas Joko, Rabu (3/3).
Adapun 82 sasaran yang belum divaksin disebabkan ditunda sebanyak 37 orang, tidak hadir sebanyak 19 orang dan eksklusi sebanyak 17 orang.

Penyuntikan dilakukan di 41 fasilitas kesehatan terdiri atas sembilan rumah sakit, 29 puskesmas serta tiga klinik, milik Polres Tegal, Brigif 4/Dewa Ratna dan Yonif 407/Tegal.
Joko mengungkapkan, selanjutnya vaksinasi Covid-19 akan menyasar para lanjut usia (lansia).
“Sasaran berikutnya adalah lansia. Data dari Posyandu dan organisasi lansia,”kata Joko.
Menurutnya, dijadwalkan pada Rabu (3/3), Dinas Kesehatan akan mendapatkan lagi 1.000 vial vaksin, atau 10.000 dosis.

Sementara itu, Kasi Surveilans dan Imuniasasi Bidang P2P Dinkes Kabupaten Tegal, Eko BP Prabowo menyebutkan, untuk pelayan publik lain dan BUMN masih menunggu kedatangan vaksin berikutnya.
“Untuk beberapa termin, harapannya pemberian vaksin bisa merata ke semua sasaran,”terangnya.

Eko menyebutkan, dari sejumlah sasaran yang telah disuntik dosis pertama, diantaranya terdapat pedagang dari Pasar Kupu. Mereka menjadi contoh vaksinasi dengan sasaran pedagang.

Ditanya mengenai efek dari penyuntikan vaksin, Eko menyebutkan, Dinkes menerima empat laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). “KIPI ringan, dengan gejala mual, pusing dan muntah,”sebutnya.

BERITA LAINNYA