Take a fresh look at your lifestyle.

Wali Kota Tegal Akan Luncurkan Program Asela

178

TEGAL – Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengaku prihatin dengan masih adanya anak-anak yang putus sekolah. Oleh karena itu, dia berencana untuk meluncurkan program Ayo Sekolah Lagi (Asela) di masa kepemimpinannya.

Menurut dia, dengan program tersebut nantinya akan dilakukan assessment kepada anak dan orang tua oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Yakni, untuk mengetahui alasan anak putus sekolah. “Rencana program ini akan dijabarkan dalam berbagai program dan kegiatan, termasuk program-program unggulan yang akan dilaksanakan pada lima tahun mendatang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud, Johardi melalui Kepala Sub Bagian Umum dan Program Disdikbud, Nur Vera Zenina sebelumnya menyampaikan, sesuai dengan data jumlah anak putus sekolah pada tahun 2018 ada sekitar 117 anak. Karena itu, melalui program Asela merupakan implementasi dari kegiatan fasilitasi advokasi pendidikan. “Anak-anak putus sekolah akan diajak untuk kembali bersekolah ataupun anak-anak yang rentan putus sekolah atau hampir putus sekolah,” ujarnya.

Vera mengungkapkan program tersebut dilaksanakan bersama psikolog dengan melakukan assessment, baik terhadap anak yang putus sekolah atau rentan putus sekolah serta orang tua untuk mengidentifikasi alasan penyebab putus sekolah. Setelah itu, dilakukan evaluasi dan diberikan solusi supaya anak kembali sekolah.

Dia menambahkan, selain itu, di masa kepemimpinan Wali Kota/ Wakil Wali Kota, Dedy Yon Supriyono dan Muhamad Jumadi, juga berencana melaksakan program-program unggulan lainnya. Antara lain, berupa penyediaan bus sekolah gratis serta perpustakaan keliling berbasis digitale-book.(Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA