Take a fresh look at your lifestyle.

69 Pedagang-Pengunjung Pasar Bangbayang Reaktif Covid-19 Jalani Test Swab

91

BUMIAYU- Sebanyak 69 orang menjalani tes swab di RSUD Bumiayu, Brebes, Senin (8/6). Sebelumnya, sampel darah mereka menunjukkan hasil reaktif usai rapid test yang dilaksanakan Puskesmas Bantarkawung di Pasar Bangbayang.

Dari pantauan, puluhan orang yang terdiri dari pengunjung dan pedagang Pasar Bangbayang itu datang ke RSUD Bumiayu dengan rombongan. Ada yang menggunakan mobil siaga desa, ada juga yang menumpang pikap. Mereka didampingi aparatur pemerintah desa masing masing.

Kades Banjarsari, Armas, mengatakan, ada satu warganya yang ikut menjalani tes swab di RSUD Bumiayu. Menurut kades, warganya yang berjualan di Pasar Bangbayang tersebut tersebut dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan Puskesmas Bantarkawung.”Yang bersangkutan mengikuti tes swab ini atas kesadaran sendiri. Saya datang kesini (RSUD Bumiayu-red) untuk monitor saja,” katanya.

Kepala Puskesmas Bantarkawung dr Ely Hikmawati mengatakan, test swab merupakan tindaklanjut dari rapid test yang dilakukan pada Jumat (5/6) pekan lalu, di Pasar Bangbayang. Pada rapid test tersebut, dari 80 sampel yang diambil, 69 diantaranya dinyatakan reaktif Covid-19.”Sesuai prosedur, mereka yang dinyatakan reaktif ini harus menjalani test swab. Ini (swab) untuk memastikan apakah mereka positif terinfeksi Covid-19 atau tidak,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan RSUD Bumiayu Wijayanto mengemukakan, ada 90 orang yang dijadwalkan menjalani test swab. 69 orang diantaranya merupakan kiriman dari Puskesmas Bantarkawung.”Test swab ini akan dilakukan dua kali atau dua hari berturut-turut. Aturannya seperti itu (dua kali test swab-red),” kata dia.(Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA