Take a fresh look at your lifestyle.

60 Anggota Polres Tegal Kota Jalani Tes Usap

109

TEGAL – Puluhan anggota Polres Tegal Kota menjalani tes usap di Laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Selasa (22/9) siang. Itu dilakukan, guna mengantisipasi penularan Covid di kalangan Polri, mengingat terdapat salah satu Polres di Eks-Polwil Pekalongan yang anggotanya diduga terpapar Covid.

“Mobilitas tinggi dan banyak memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjadikan alasan utama Jajaran Polres Tegal Kota meminta kami melakukan screening berupa tes usap (swab-red),” terang Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Tegal, Siti Halamah.

Lebih lanjut Halamah menjelaskan, screening terhadap anggota Polri dilakukan, menyusul adanya dugaan personel Polri yang terpapar Covid. Belum lagi, anggota Kepolsian termasuk dalam kategori berisiko tinggi, karena memberikan pelayanan dan kerap bertemu dengan masyarakat.

Selain itu, pelayanan screening terhadap anggota Polres Tegal Kota juga dilakukan Dinkes di tingkat Puskesmas. Dimana jauh hari sebelumnya, puluhan personel Polsek melakukan tes usap di Puskesmas yang telah ditunjuk untuk Puskesmas Pembantu Covid.

“Total keseluruhan ada 110 personel yang melakukan tes usap. Kita bagi waktunya menjadi dua hari. Dimana untuk hari Selasa (22/9), ada sekitar 60 orang dan sisanya Rabu (23/9),” pungkasnya.

Ditambahkan Halamah, sejauh ini pihaknya terus melakukan screening dan tracing. Untuk perkembangan data terbaru Covid di Kota Tegal, salah seorang warga Kelurahan Mangkukusuman terkonfirmasi positif dan meninggal pada Selasa (22/9) kemarin.

Sementara itu, Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo menyebut, screening terhadap ratusan personel dilakukan sesuai Surat Telegram (TR) dari Kapolda Jateng. Pihaknya menindaklanjuti, dengan menggandeng Dinkes dan melakukan tes usap kepada personel yang kerap berada di lapangan.

“Bukan hanya anggota, tetapi juga kemarin kita kasih vitamin kepada rekan-rekan media. Harapannya kita semua terjaga imunitasnya. Terlebih belakangan ini kita banyak melakukan sosialisasi protokol kesehatan ke beberapa tempat yang diindikasi menjadi penyebaran Covid,” pungkasnya.

Ihwal kemungkinan buruk hasil tes usap terkonfirmasi positif, Kapolres menegaskan pihaknya secara otomatis akan menerapkan prosedur yang berlaku. Bersama Dinkes, dirinya menyatakan siap untuk melakukan tracing kontak erat.

“Harapannya semua tetap sehat dan terjaga. Untuk kemungkinan lain, kita siap menyesuaikan SOP. Jika nanti ada anggota yang positif langsung isolasi mandiri dan kita tracing kontaknya siapa saja,” tutup Kapolres. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA