Take a fresh look at your lifestyle.

6 Tempat Camping Ground di Kaki Gunung Slamet

- Di Wilayah Tegal dan Pemalang

186

WISATA berkemah kini menjadi tren bagi para penikmat keindahan alam. Selain dapat menikmati pesona alam yang masih asri, dengan wisata berkemah juga bisa merasakan sensasi bermalam di hutan atau di alam bebas. Di kaki Gunung Slamet, yang masuk wilayah Tegal dan Pemalang, kini telah banyak bermunculan lokasi wisata berkemah atau camping ground. Berikut informasi beberapa tempat camping ground di kaki Gunung Slamet, di wilayah Tegal dan Pemalang ;

1. Guci Forest

foto : smpantura.com
foto : smpantura.com

Wisata berkemah ini terbilang masih anyar, dibuka sejak Agustus 2021. Lokasinya berada di Kawasan Obyek Wisata Guci, Kabupaten Tegal. Akses menuju camping ground ini sangat mudah, karena tidak jauh dari gerbang masuk Kawasan Wisata Guci.

Di Guci Forest, anda bisa menikmati sejuknya udara pegunungan di tengah hutan pinus. Bagi para pengunjung yang tidak memiliki peralatan camping, seperti tenda dan lainnya, tidak perlu khawatir karena pengelola menyediakan, dengan harga sewa terjangkau. Bagi pengunjung yang tidak suka berkemah, di tempat ini juga tersedia penginapan. Namun karena masih terbilang anyar, tempat ini masih terus dikembangkan pengelola.

 

 

2. Permadi Jungle Guci

foto : dok/ google.com
foto : dok/ google.com

Masih berada di kawasan obyek wisata Guci Kabupaten Tegal, ada lagi tempat camping ground yang menarik. Namanya Permadi Jungle Guci Camping Ground. Lokasinya lebih tinggi dibanding Guci Forest, dan tentunya udaranya juga lebih dingin.
Selain bisa berkemah sambil menikmati keindahan kaki Gunung Slamet, di camping ground ini pengunjung juga bisa bermain di sungai yang masih asri, dengan air yang jernih. Jarak sungainya antara 50-100 meter dari lokasi kemah.

 

 

 

 

3. Bukit Corong Bumijawa

foto : dok/google.com
foto : dok/google.com

Wisata alam Bukit Corong berada di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk menuju ke tempat ini, masih satu jalur dengan Kawasan Wisata Guci. Wisata alam ini sedang hits dan viral dikalangan pecinta camping.
Bukit Corong masih di kaki Gunung Slamet. Bagi para pendaki Gunung Slamet via jalur Guci, akan menjumpai bukit tersebut. Bukit dengan ketinggian 500-700 Mdpl ini cocok untuk semua kalangan.

 

 

 

4. Lembah Rembulan

Wisata alam ini juga masih di Kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal atau sekira 1 km dari Jalan Raya Objek Wisata Guci. Objek wisata ini dibuka pada Agustus 2020, menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk dan asri. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa melakukan wisata berkemah, karena pengelola menyediakan tempat camping ground.

5. Pikaco Camping Ground

foto : smpantura.com
foto : dok/google.com

Pinggiran Kali (sungai) Comal di Desa Wangkelang Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, kini telah disulap menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup menarik. Di tepi aliran sungai yang jernih dan berbatuan itu, terdapat cafe untuk ngopi dan bersantai. Tak hanya itu, saat ini juga telah disediakan tempat Camping Ground yang asyik.

Nama Pikaco ini diambil dari singkatan ‘Pinggiran Kali Comal’. Sebuah penamaan yang unik ya. Selain cafe, pengelola Pikaco kini telah mengembangkan dengan menyediakan tempat berkemah. Lokasinya juga ditepi sungai, dan jarakanya tidak jauh dari jalur utama Pemalang-Moga. Di camping ground ini, pengunjung selain bisa menikmati aliran sungai yang jernih dan bebatuan, juga di sampingnya terdapat areal persawahan yang menghijau. Bagi para pengunjung yang tidak mempunyai peralatan bercamping, seperti tenda, pengelola Pikaco Camping Ground menyediakan peralatan yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

 

 

6. Bukit Gambangan

Bukit Gambangan berada di Kawasan Wisata Cempaka Wulung, di Banyumudal Moga, Kabupaten Pemalang. Tempat ini bisa jadi salah satu destinasi pilihan buat refreshing. Apalagi, di tempat ini pengunjung juga bisa camping berbaur dengan alam di bawah kaki Kaki Gunung Slamet, yang merupakan gunung tertinggi dan terbesar di Jawa Tengah. *

(T07-red)

 

 

BERITA LAINNYA