Take a fresh look at your lifestyle.

6.249 Ha Lahan Pertanian Masuki Tanam Pertama

- Suplai Air di DI Jengkelok Dibuka

179

BREBES – Lahan pertanian seluas 6.249 hektare (ha) di wilayah Kabupaten Brebes bagian barat kini memasuki pola tanam pertama. Untuk mencukupi kebutuhan air di area tersebut, Rabu (5/2), suplai air pertama dari Daerah Irigasi (DI) Jengkelok dibuka. Anzet pemberian air pertama dilakukan langsung Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes, Agus Ashari, dari Bendung Cibendung,

Kepala DPSDAPR Kabupaten Brebes Agus Ashari mengatakan, pemberian air dipola tanam yang pertama di DI Jengkelok merupakan agenda rutin tahunan. DI tersebut membawahi lahan pertanian seluas 6.249 Ha. Area itu tersebar di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Banjarharjo, Kecamatan Losari dan Kecamatan Tanjung. “Labuhan atau anzet pemberian air pertama ini, merupakan agenda rutin tahunan. Ini dimaksudkan untuk mensukseskan masa tanam yang pertama,” ujarnya, usai kegiatannya.

Menurut dia, pola tanam yang dimaksud itu sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 62 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Tanam dan Pola Tanam. Di mana, di DI Jengkelok tersebut pola tanam pertama padi, pola tanam kedua dan ketiganya palawija. Suplai dilakukan juga untuk mengatur agar dalam pembagian air bisa maksimal. Sehingga, kebutuhan air di pola tanam pertama hingga ketiga bisa terpenuhi. “Kalau musim penghujan seperti ini, petani bisa menanam padi. Tapi kalau musim kemarau nanti, kita sarankan petani lakukan pola tanam dengan menanam palawija,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain melakukan anzet pemberian air pertama, pihaknya juga melaksanakan upaya konservasi di sekitat Bendung Cibendung. Yakni, dengan menanam sedikitnya 1.000 bibi pohon dari berbagai jenis. Di antaranya, bibit pohon jambu, mangga, sirsak, kluwih dan klengkeng. “Kami menanam ini untuk menjaga dan merawat bendungan agar tetap maksimal,” ungkapnya didampingi Kabid Konservasi dan Rehabilitasi Sumber Daya Air, Mulyadi.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA