Take a fresh look at your lifestyle.

48 Mahasiswa Praktik Mengajar di Thailand

168

* Dapat Honor, UPS Kirim Lima Mahasiswa

TEGAL – Sebanyak 48 mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari 11 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, praktik mengajar di sejumlah sekolah setingkat SMA di Thailand Selatan, mulai pertengahan November 2019 hingga pertengahan Maret 2020.

Mereka mengikuti program pengalaman lapangan (PPL) Internasional, atau kegiatan ”International Teaching Practice”, bertajuk ”Private School at Special Zone Association of Songkhla Thailand”, dari pemerintah Thailand, yang bekerjasama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti RI.

”Jadi pemerintah Thailand telah berkirim surat ke pemerintah Indonesia, untuk mengirimkan calon guru untuk berpraktik mengajar dinegaranya, selama lima bulan. Mulai pertengahan November tahun ini hingga pertengahan Maret 2020 mendatang,” terang Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, didampingi Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan Dr Fajar Ari Sudewo SH MH, Kepala Unit Pelaksana Teknis Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri (UPT KDLN) Dr Yoga Prihatin MPd, serta Dekan FKIP Dr Purwo Susongko MPd.

Surat tersebut kemudian dikirim ke 11 perguruan tinggi negeri dan swasta, agar menyiapkan mahasiswa calon guru, untuk mengikuti program PPL Internasional di Negeri Gajah Putih tersebut.

”Kami kemudian membuka pendaftaran bagi mahasiswa FKIP yang berminat mengikuti program tersebut. Ternyata sambutannya luar biasa. Alias banyak yang mendaftar. Mengingat kuota yang tersedia terbatas, kami akhirnya dalam seleksi memilih lima mahasiswa,” terang Dr Yoga Prihatin MPd.

Dua Prodi

Lima mahasiswa semester tujuh FKIP UPS Tegal yang beruntung mengikuti program tersebut, dan akan bergabung dengan 43 mahasiswa lainnya dari 10 perguruan tinggi swasta dan negeri, berasal dari dua Program Studi (Prodi). Yakni, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Matematika.

Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah, Istirokha Siam Fitri, Atmo Kusumo dan Risa Prawiotasari. Kemudian dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika adalah Siti Mutmainah dan Ananda Bella Pratiwi.

Mereka akan praktik mengajar di sekolah setingkat SMA. Yakni, di Arrayan Pittaya Nusorn School, Lantara Chprachautid School, Ekkapad Sasawich School, dan Phatnawitya School. Semuanya berlokasi di Thailand Selatan.

Hal menarik dari program tersebut, para calon guru selain dituntut profesionalitasnya dalam menularkan ilmunya, baik teori dan praktik, juga akan mengenalkan seni budaya masing-masing daerah.

Lima mahasiswa FKIP yang ikut PPL Internasional, foto bersama sebelum berangkat ke Thailand Selatan.

Mereka juga akan mendapat honor mengajar sebesar 3.000 Bath/Bulan. Jika kurs satu Bath sebesar Rp 470, maka tiap mahasiswa akan mendapat honor sebesar Rp 1.410.000/bulan. Honor sebesar itu, bisa untuk menambah uang saku calon guru selama berpraktik mengajar di negara tersebut.

Sementara itu, keberangkatan lima mahasiswa FKIP UPS Tegal yang akan praktik mengajar di negara tersebut, dilepas WR III Bidang Kemahasiswaan Dr Fajar Ari Sudewo SH MH, di halaman depan Gedung Rektorat UPS Tegal, Senin (11/11).

”Saya berpesan jaga nama baik almamater. Jaga juga kesehatan, dan jangan melupakan ibadahnya. Tunjukkan kalian adalah mahasiswa terbaik, yang terpilih untuk mengikuti program PPL Internasional di Thailand,” ucap Dr Fajar Ari Sudewo SH MH.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA