Take a fresh look at your lifestyle.

41.820 Buah Face Shield Bantuan JPE Tahap II Dikirim ke Provinsi

71

SLAWI-Pembuatan  69.700 perisai wajah (face shield) akhirnya diselesaikan oleh penerima bantuan jaring pengaman ekonomi (JPE) Provinsi Jateng di Kabupaten Tegal. Dari jumlah face shield yang dibuat, sebanyak 60 persen atau 41.820 buah diserahkan ke Dinas Pemberdayan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2 dan KB) Provinsi Jateng. Sementara sisanya sebanyak 40 persen atau 27.880 akan dibagikan kepada sejumlah lembaga.

Puluhan ribu face shield tersebut dikirim Jumat (4/9) pagi dengan menggunakan dua unit truk. Face shield yang dikirim terdiri atas 24.600 face shield dewasa dan 17.220 face shield anak. Pengiriman alat pelindung diri tersebut dilepas secara langsung oleh pelaksana tugas (Plt) Kepala DP3AP2 dan KB Kabupaten Tegal , Retno Suprobowati.

Di sela kegiatan tersebut, Retno Suprobowati menyampaikan, bantuan JPE Provinsi Jateng merupakan program Gubernur Jateng sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan dampak pandemi Covid-19.

Bantuan JPE tersebut disalurkan melalui DP3AP2 dan KB Provinsi Jateng kepada kelompok penerima mandaat di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, diantaranya Kabupaten Tegal. Pembuatan face shield tersebut merupakan bantuan JPE tahap II.

“Jaring pengaman ekonomi berupa pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan produktivitas ekonomi bagi perempuan kepala keluarga dan perempuan rentan lainnya yang terdampak Covid-19 di Jawa   Tengah,”jelasnya.

Menurut Retno, sebagai sasaran program tersebut, Kabupaten Tegal mendapat kuota 41 kelompok. Satu kelompok terdiri atas sepuluh orang, terdiri atas perempuan kepala keluarga (Pekka), perempuan penyandang disabilitas, perempuan korban kekerasan , perempuan pekerja migran purna, ibu rumah tangga/perempuan dengan ODHA dan kader serta anggota PKK.

Setiap kelompok, lanjut Retno, mendapat kuota 1.700 face shield, meliputi 1.000 buah face shield dewasa dan 700 buah face shield anak.

“Hasilnya face shield dewasa sebanyak 41.000 buah dan face shield anak sebanyak 28,700 buah. Sebanyak 60 persennya dikirim ke provinsi dan 40 persen dibagikan ke sejumlah sasaran,”sebutnya.

Sasaran antara lain panti asuhan, sekolah dasar di daerah zona merah, bidan, PLKB, PPKBD , Sub PPKBD, klien PPT dan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti DPU, Dishub, DLH, serta masyarakat lingkungan kantor DP3AP2 dan KB.Selain itu IBI, masyarakat difabel, Dharma Wanita dan GOW, TPQ, PAUD dan madrasah. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA