Take a fresh look at your lifestyle.

36 Calon Petahana Tumbang di Pilkades Serentak

198

BREBES – Sebanyak 36 calon kepala desa (cakades) petahana tumbang dalam Pemilihan Kades (Pilkades) serentak di Kabupaten Brebes, Minggu (15/11). Bahkan, di Kecamatan Jatibarang seluruh cakades pertahanan yang kembali maju kalah oleh cakades lainnya.

Sekretaris Panitia Pilkades Serentak Tahap II Kabupaten Brebes N Faizin mengatakan, ada sebanyak 108 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada Minggu (15/12). Dari jumlah itu, sebanyak 63 cakades merupakan calon petahanan. Namun sesuai hasil perhitungam suara, hanya sebanyak 27 cakades petahanan yang kembali terpilih. Sisanya, sebanyak 36 cakades petahana kalah. “Sesuai hasil coblosan Pilkades kemarin, ada sebanyak 36 calon petahana yang tumbang dan hanya 27 cakades petahanan yang kembali jadi,” ungkapnya, Senin (16/12).

Di Kecamatan Jatibarang misalnya, lanjut dia, dari sebanyak 7 desa yang melaksanakan Pilkades, ada 3 kacades petahanan yang maju. Namun dari semua cakades petahanan tersebut seluruhnya kalah. Yakni, di Desa Pamengger, Jatibarang Kidul dan Kebogadung. Kemudian, di Kecamatan Banjarharjo ada sebanyak 12 cakades petahana, tetapi sebanyak 5 cakades petahana kalah dan 2 lainnya terpilih kembali. “Selain di dua kecamatan ini, ada juga di Kecamatan Tanjung. Dari 3 petahanan yang maju, 1 orang terpilih kembali dan 2 orang tumbang. Termasuk di Desa Glonggong, Kecamatan Wanasari, cakades petahanan di desa ini juga kalah,” ungkapnya.

Menurut dia, setelah proses pencoblos dan pengumuman hasil perhitungan suara, setiap cakades mempunyai hak untuk mengajukan sengketa Pilkades. Sesuai Peraturan Bupati (Perbu) Brebes, tetang Pilkades Serentak, pengajuan sengketa Pilkades bisa disampaikan pada masa sanggah. Waktu masa sanggah selama tiga hari, setelah hasil perhitungan suara diumumkan. Ketiga pemungutan suaran dan perhitungan suara dilaksanakan pada 15 Desember, berarti waktu sanggahnya mulai 16 – 18 Desember. “Jadi saat ini kami masih menunggu apakah ada yang mengajukan atau tidak. Setelah itu, kami langsunga akan mengadakan rapat pleno,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari hasil monitoring di lapangan, pelaksanaan pemungutan suara Pilkades di seluruh wilayah, secara umum berjalan aman dan lancar. “Kalau pantauan kami, secara umum proses pemunggutan suara Pilkades aman dan lancer,” pungkasnya.

(bayu setiawan-red2)

BERITA LAINNYA