Take a fresh look at your lifestyle.

35 Warga Brebes Terkena DBD, 1 Meninggal

113

BREBES, smpantura.com – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), sebanyak 35 warga di Kabupaten Brebes terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama periode Januari hingga April 2021. Bahkan, dari jumlah penderita DBD tersebut, seorang penderita dilaporkan meninggal dunia.

“Sesuai data kamo, dari Januari hingga April 2021 lalu, totalnya ada sebanyak 35 orang yang terkena DBD. Seorang di antaranya meninggal dunia. Yakni, balita asal Kecamatan Brebes,” ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso, Selasa (18/5).

Dia mengungkapkan, dibanding pada periode yang sama di tahun 2020 lalu, jumlah warga Brebes yang terjangkit DBD turun drastis. Termasuk, jumlah warga yang meninggal akibat gigitan nyamuk Aides Aegepty tersebut. Di tahun 2020 pada periode Januari hingga April, tercatat ada sebanyak 155 warga yang terkena DBD. Sedangkan yang meninggal dunia tercatat 5 orang. Sementara di tahun 2021 untuk periode yang sama hanya ada 35 orang terkena DBD, dan 1 orang meninggal dunia.

“Kalau dibanding tahun lalu, jumlahnya turun drastis. Bahkan hanya seperlimanya saja. Ini termasuk juga untuk korban yang meninggal dunia,” ungkapnya.

Menurut dia, banyak fakto yang menyebabkan jumlah penderita DBD di Brebes turun. Namun beberapa fakto utama adalah, tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan yang semakin meningkat. Kemudian, kesadaran masyarakat ketika menemukan gejala DBD segera melaporkan ke petugas. Sehingga, cepat ditangani. “Turunnya jumlah penderita DBD ini, juga menjadi indikator kesadaran masyarakat yang meningkat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya.  (T07-red) 

BERITA LAINNYA