Take a fresh look at your lifestyle.

3.570 Ha Tambak di Brebes Terdampak Banjir Rob

112

BREBES – Bencana banjir akibat rob atau air laut pasang yang menerjang wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Brebes, Rabu sore (3/6), tidak hanya menggenangi pemukiman warga. Sekitar 3.570 hektare (ha) tambak produktif milik warga juga terdampak banjir rob yang terjadi tersebut. Ribuan tambak warga tersebut tersebar di lima kecamatan yang berada di sepanjang pesisir pantai utara Brebes.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Gatot Rudiono, melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Iskandar Agung membenarkan, dari hasil pendataan sementara, selain pemukiman warga banjir rob juga menyebabkan 3.570 ha tambak produktif terendam. Jumlah tersebut dimungkinkan bisa terus bertambah lantaran rob yang terjadi saat ini cukup besar.

“Kalau data yang masuk, hingga sore ini ada 3.570 ha lahan tambak yang tersamdak banjir rob ini,” tandasnya.

Menurut dia, 3.570 ha tambak yang terdampak banjir rob tersebar di beberapa desa, di lima kecamatan. Yakni, Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari. Kondisi terparah menimpa Kecamatan Brebes, yakni 1.831 ha tambak terendam. Rinciannya, di Desa Randusanga Wetan kurang lebih 400 ha, Desa Randusanga Kulon, 1.130 ha, Limbangan Wetan 50 ha, Kaliwlingi 196 ha, Kaligangsa Wetan 35 ha, dan Kedunguter 20 ha. Kemudian,

di Kecamatan Wanasari, tepatnya di Desa Sawojajar seluas 700 ha. Di Kecamatan Bulakamba, di Desa Bangsri seluas 55 ha, Grinting, 70 ha dan Desa Pulogadung 100 ha. Kemudian di Kecamatan Tanjung, tempatnya di Desa Krakahan seluas 75 ha. “Kalau di Kecamatan Losari ada lima desa. Yakni, Desa Prapag Kidul 150 ha, Prapag Lor 195 ha, Karangdempel 244 ha, Limbangan 50 ha dan Kecipir 100 ha,” ungkapnya.

Sementara salah satu korban banjir rob di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Abdul Kamid menuturkan, di wilayahnya banjir rob selain menerjang tambak warga, juga merendam ratusan rumah. Sedikitnya 300 rumahnya terendam akibat banjir rob kali ini.

“Kurang lebih ada 300 rumahnya di desa kami yang terendam banjir rob. Ketinggian airnya mencapai 50 sentimeter,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA