Take a fresh look at your lifestyle.

3.500 Baju Hasmat Dibagikan Dinas Kesehatan Pemalang

142

PEMALANG – Sebanyak 3.500 baju hasmat untuk alat pelindung diri (APD) dalam menangani Covid-19 bagi tenaga medis dibagikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. Pembagian APD dilakukan di aula Dinas Kesehatan, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan, Sholahudin mengatakan baju hasmat dan APD lainnya itu merupakan pengadaan oleh Dinas Kesehatan. APD kata dia dibagikan kepada Puskesmas, rumah sakit, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

“APD ini pengadaannya dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)tahun 2020,”kata Sholahudin.

Kabid Pelayanan Kesehatan, Abdul Haris menambahkan APD yang dibagikan selain baju hasmat juga kacamata wajah (googles) dan masker N95.”Untuk baju hasmat kami bagikan 3.500, kacamata wajah ada 1.700 dan masker 5.700,”kata Haris.

Adapun penerima bantuan APD ini terdiri atas 25 Puskesmas, 8 rumah sakit pemerintah dan swasta, satu Labkesda dan satu SPGDT.”Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan dilapangan sehingga tidak kekurangan APD meskipun saat ini keadaan stok APD aman,”ujarnya.

APD yang dibagikan ini adalah kegiatan pengadaan melalui anggaran di Dinas Kesehatan untuk penanganan Covid-19 secara medis. Dengan adanya pengadaan ini berarti sudah 90% dana terserap.

Sebelumnya saat dengar pendapat Dinas Kesehatan dan DPRD Pemalang di DPRD diungkapkan anggaran penanganan medis Covid-19 di Dinas Kesehatan ada Rp 26 miliar. Dana tersebut diperuntukkan bagi belanja sarana dan prasarana termasuk APD.

Sementara itu Direktur RSUD Ashari, Sunardo Budi Santoso mengatakan rumah sakitnya menerima bantuan APD dari Dinas Kesehatan senilai Rp 30 juta.”Rinciannya baju hasmat 200 buah senilai Rp 17 juta, kacamata google 100 buah senilai Rp 4,37 juta dan masker N95 200 buah senilai Rp 8,75 juta,”kata dia.

Dengan adanya tambahan APD ini menurut dia persediaan APD di rumah sakitnya diperkirakan lebih dari cukup sampai setelah Lebaran nanti.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA