Take a fresh look at your lifestyle.

3.143 Ruang Kelas SD dan SMP di Brebes Rusak

149
  • Pemkab Usulkan Perbaikan ke Pusat

BREBES – Sebanyak 3.143 ruang kelas SD dan SMP di Kabupaten Brebes, saat ini kondisinya rusak. Atas keadaan tersebut, Pemkab Brebes melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga telah mengusulkan perbaikan ke pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Ditergetkan kerusakan ruang kelas itu akan ditangani seluruhnya di tahun 2020 mendatang.

“Dari data kami, saat ini masih terdapat 3.143 ruang kelas SD dan SMP yang rusak. Rinciannya, sebanyak 2.745 ruang kelas SD dan 398 ruang kelas SMP. Kami saat ini telah mengusulkan perbaikan melalui DAK ke pemerintah pusat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Tahroni melalui Kasubag Program dan Keuangan, Fajar Adi Widiarso, kemarin.

Dia menjelaskan, kerusakan ruang kelas yang diusulkan tersebut meliputi sekolah negeri dan swasta. Sedangkan kondisi kerusakannya ada yang rusak sedang dan berat. Ruang kelas yang masuk dalam karegori rusak berat jika kerusakan yang terjadi sudah 45 persen, sedangkan rusak berat jika kondisi kerusakannya antara 30-45 persen. “Kalau rusak ringan, kondisinya di bawah 30 persen dan perbaikannya bisa diambil dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” jelasnya.

Menurut dia, ruang kelas rusak yang diusulkan untuk diperbaiki itu, merupakan sisa dari kerusakan sekolah yang belum terkaver penanganannya di tahun 2019. Sehingga diharapkan di tahun 2020 seluruh kerusakan ruang kelas bisa ditangani secara tuntas. “Target kami tahun depan (2020-red) semua ruang kelas yang sudah ini bisa diperbaiki,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, usulan perbaikan ruang kelas tersebut juga termasuk untuk SDN 03 Purwodadi, Kecamatan Tonjong. Sekolah itu memang harus mendapat penanganan segera karena kerusakannya sangat parah. Bahkan, pihaknya juga tengah mengupayakan agar sekolah tersebut bisa mendapatkan penanganan tahun ini. “Selain sudah masuk dalam usulan perbaikan untuk tahun 2020, khusus SDN 03 Purwodadi ini kami tengah berupaya agar bisa ditangani tahun ini. Alhamdulilah, kami mendapat lampu hijau dari bantuan anggota DPR-RI untuk perbaikan sekolah ini,” pungkasnya.

(Setiawan/ red38)

BERITA LAINNYA