Take a fresh look at your lifestyle.

27,5 Miliar Kurang, DPRD Sarankan Pemkot Lakukan Ini

101

TEGAL – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, Kusnendro menilai dana sebesar Rp 27,5 Miliar yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal untuk menangani Covid-19 masih sangat kurang.

“Dana Rp 27,5 Miliar masih kurang untuk pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan, maupun bantuan langsung untuk masyarakat,” terang Kusnendro saat memimpin Rapat Kerja bersama Pemkot Tegal di Ruang Komisi I, Senin (6/4) siang.

Untuk itu, pihaknya meminta Pemkot untuk melakukan realokasi anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak memungkinkan dilakukan pada April hingga Mei mendatang.

Termasuk pula diantaranya memangkas anggaran DPRD yang dialokasikan untuk kegiatan di luar daerah agar bisa direalokasikan untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Anggaran-anggaran yang sifatnya tidak bisa dilakukan karena pandemi Covid-19, bisa direalokasikan untuk menambah biaya percepatan penanganan. Termasuk pula kegiatan Hari Jadi Kota Tegal dan Apeksi yang tidak sedikit nilainya,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin memaparkan, penanganan Covid-19 harus dengan perencanaan, data valid, kesiapan pakar dan analisis yang matang. Pihaknya berharap, Pemkot dapat segera menyalurkan bantuan untuk masyarakat.

Namun demikian, bantuan tersebut tidak hanya diberikan kepada warga miskin yang telah terdaftar. Melainkan pula disalurkan kepada warga miskin yang belum tercover, warga miskin baru yang terdampak Covid-19 dan para pekerja yang kehilangan pekerjaannya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta Pemkot untuk tidak menggunakan dana simpanan sebesar Rp 15 Miliar. Sebab, anggaran tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif terakhir. Sama seperti yang disampaikan Kusnendro, Habib Ali pun meminta Pemkot dapat mencari sumber dana lain.

“Tidak harus menggunakan kas di giro. Dari DPRD juga bisa dipotong. Bantuan untuk warga juga kami minta benar-benar tepat sasaran dan bisa segera direalisasikan,” harapnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA