Take a fresh look at your lifestyle.

250 Mahasiswa Farmasi PHB Ikuti KKL Online

48

TEGAL, smpantura.com – Sebanyak 250 mahasiswa D3 Program Studi Farmasi Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) secara daring melalui aplikasi Zoom meeting, Rabu (21/7) kemarin.

“Di masa pandemi, mahasiswa semakin potensial untuk mengasah kreativitas dan belajar lebih banyak. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan, meski dilakukan secara daring,” kata Wakil Direktur 1 PHB, Heru Nurcahyo.

Menurut Heru, KKL online merupakan ruang tumbuh mahasiswa di masa pandemi. Pihaknya berharap, materi yang disampaikan para pemateri dapat dijadikan inspirasi bagi mahasiswa selama menjalankan KKL.

Sementara, Apoteker PT Phapros, Bagus Giant Hendra, berkesempatan memberi materi tentang peran tenaga teknis kefarmasian (TTK) pada industri farmasi.

“Management Supply Chain Industri Farmasi, memproduksi produk obat dan produk jadi. Terdapat perizinan dari BPOM sebelum produk terjual dan BPOM menjadi wadah untuk perizinan maupun pengawasan penindakan pelanggaran,” terang Bagus.

Dijelaskan Bagus, sebelum obat dijual, terdapat proses pengawasan mutu atau Quality Control dan Assurance (QC dan QA). Dimana proses tersebut, akan mengecek kadar obat, ketebalan tablet, warna obat, waktu hancur sesuai dengan yang dipersyaratkan atau tidak, kekerasan dan bobotnya.

“Sesuai atau tidak, jika belum sesuai maka obat belum bisa kita jual ke market dan akan dilakukan investigasi kenapa sampai tidak memenuhi syarat,” pungkasnya.

Kepala Produksi PT Sanbe Farma, Achmad Fitriyanto menuturkan, terdapat risiko yang harus diketahui oleh industri farmasi yaitu memiliki limbah yang mau tidak mau harus dikeluarkan ke lingkungan.

Menurutnya, terdapat limbah padat, limbah udara, limbah cair dan limbah suara. Industri farmasi juga harus memenuhi ketentuan lingkungan hidup dan tidak boleh mencemari lingkungan.

“Limbah padat harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan, limbah cair harus dinetralkan sebelum disalurkan ke lingkungan dan limbah suara diatur agar kedap,” kata Achmad.

Sementara itu, Ketua KKL online, Aldi Budi Riyanta menuturkan, kegiatan ini bagian dari implementasi untuk tetap memberikan capaian pembelajaran mahasiswa farmasi.

Dengan mengundang stakeholder dari industri dan peneliti profesional di bidang farmasi, lulusan mahasiswa farmasi diharapkan bisa memiliki bekal pengetahuan dan gambaran tentang dunia kerja. (T03-red)

BERITA LAINNYA