Take a fresh look at your lifestyle.

THR Wajib Diberikan Sesuai Aturan

124

BATANG- Bupati Batang Wihaji menyatakan semua perusahaan wajib memberikan tunjangan hari raya (THR) bagi karyawanya sesuai dengam regulasinya.

“Ini catatan penting apapun perusahaannya harus memberikan THR untuk karyawannya. Saya minta perusahaan ikuti anjuran pemerintah untuk memberikan hak–hak karyawan atau aturan lain yang berkenaan dengan tenga kerja,” pinta Wihaji, saat meninjau pabrik garmen PT Batang Apparel Indonesia, Senin (19/ 2021).

Wihaji juga meminta perusahaan yang masih dalam kondisi pailit ataupun kurang sehat harus terbuka dan harus ada komunikasi yang baik dengan karyawan.

“Perusahaan harus menjelaskan kondisi sebenarnya perusahaan kepada karyawanya. Saya kira kalau ada penjelasan dengan komunikasi yang baik karyawan bisa menyadarinya,” kata Wihaji.

Tidak hanya itu, perusahaan juga harus ada komunikasi dengan tripartit di antaranya serikat pekerja, pengusaha dan pemerntah. “Dalam Tripartit akan membantu merumuskan dan mumutiskan jalan keluar perusahaan,” katanya.

Sementara itu, Zaenal Abidin Compliance & HSE Head PT Batang Apparel Indonesia mengatakan, walaupun baru beroperasi 6 bulan, akan memberikan tunjangan Hari Raya (THR) sesuai perundang – undangan.

“Kebetulan kita masih baru, secara otomatis perhitungan THR dilakukan secara proporsional sesuai perundang – undangan,” jelasnya.

Ia pun mengatakan karyawanya sudah banyak dan sudah beroperasi selama 6 bulan, tapi produksinya baru akan diekspor bulan. “Penerimaan karyawan di akhir Desember 2020. Kita perhitungan THR-nya dimulai di akhir Desember, jadi tetap mengikuti peraturan perundang – undangan.” katanya.

Ia pun memyampaikan penyerahan THR untuk karyawan sesuai dengan perundang – undangan minimal paling lambat satu minggu sebelum lebaran Idul Fitri.

“THR sesuai aturan saja dan perhitunganya juga proporsional,” pungkasnya. (P10-red)

BERITA LAINNYA