Atasi Banjir di Tegal Butuh Kerja Sama Tiga Daerah

TEGAL – Komisi III DPRD Kota Tegal berharap ada kerja sama tiga daerah untuk mengentaskan permasalahan banjir di Kota Bahari. Sebab, wilayah Pantai Utara Jawa Tengah ini kerap menjadi langganan banjir kiriman saat musim penghujan.

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Tegal, Sisdiono Ahmad mengatakan, pemanfaatan tiga Polder yang ada di Kota Bahari dianggap sudah baik dan cukup efektif untuk mengatasi permasalah genangan maupun banjir.

Seperti diketahui, Kota Tegal memiliki tiga Polder yang berfungsi menampung dan membuang air pada saat terjadi banjir. Ketiganya yakni, Polder Bayeman Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Polder Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat dan Polder Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur.

Namun demikian, lanjut Sisdiono, akan lebih maksimal apabila dilakukan kerja sama antara tiga daerah, Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Mengingat Kota Tegal menjadi hilir dari beberapa sungai besar.

“Mulai dari timur, ada Sungai Ketiwon, Sungai Kaligung, Sungai Sibelis dan Kali Kemiri yang berhulu di Kabupaten Tegal. Kemudian di ujung barat ada Sungai Kaligangsa yang berhulu di Kabupaten Brebes,” terangnya saat melakukan tinjauan lapangan beberapa waktu lalu.

Dengan adanya kerja sama, maka diharapkan akan ada solusi untuk penanganan di hulu sungai, sehingga dapat meminimalisir potensi terjadinya banjir kiriman.

“Kita sudah berbenah dengan menyiapkan Polder untuk atasi banjir. Tetapi jika di hulu tidak dikontrol, maka impossible,” katanya mengisyaratkan. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.