Take a fresh look at your lifestyle.

2021 Dialokasikan Puluhan Miliar, Bangun Mal Pelayanan Publik dan Kantor Diskominfo 

48

SLAWI– Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Pertanahan (Perkimtaru) Kabupaten Tegal akan membangun mal pelayana publik (MPP) dan Kantor Dinas Kominfo.
Kepala Dinas Perkimatru Kabupaten Tegal, Budi Eko mengatakan, dua proyek tersebut merupakan program unggulan Pemkab Tegal pada tahun 2021, dengan nilai puluhan miliar rupiah. “Tahun 2021, pembangunan mal pelayanan publik atau MPP dan Kantor Dinas Kominfo merupakan program unggulan Kabupaten Tegal. MPP senilai Rp 20 miliar, dan Kantor Dinas Kominfo senilai Rp 10 miliar,”jelas Budi Eko, Rabu (30/12).
Menurut Eko, saat ini masih proses pelelangan manajemen konstruksi dua kegiantan tersebut. Selanjutnya proses pengadaan barang dan jasa pada minggu pertama Februari 2021. Diharapkan pembangunan dapat dilakukan mulai April hingga Oktober 2021. Selanjutnya pada Oktober , DPMPTSP akan melakukan lelang kelengkapan.
MPP rencananya akan dibangun di atas lahan eks Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sudah dirobohkan, di Jalan Ahmad Yani, Slawi, Kabupaten Tegal. Gedung tersebut akan dibangun dua lantai. Lantai satu digunakan untuk semua pelayanan publik yang ada di Kabupaten Tegal, baik pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), semua proses perizinan IMB dan lainnya, termasuk layanan rekomendasi gambar dan informas tata ruang Dinas Perkimtaru, perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) dan sebagian layanan Samsat.
“Nanti juga ada pelayanan pembuatan paspor dari Imigrasi, Bank Jateng, BRI, Bank Mandiri untuk pembayaran pajak PBB dan transaksi non tunai, pelayanan pembuatan sertifikat dari BPN,”sebutnya.
Sementara lantai dua akan digunakan sebagai Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). MPP memiliki luas 2.300 meter persegi akan dilengkapi dengan area parkir kendaraan roda empat, roda dua bagi pengunjung dan parkir kendaraan pegawai.
“Lama pembangunan selama enam bulan baik MPP maupun Kantor Kominfo,”tutur Budi Eko.
Adapun Kantor Kominfo, lanjut Budi Eko, akan dibangun di lahan di lingkungan Setda Kabupaten Tegal, tepatnya bersebelahan dengan Kantor Satpol PP. Seperti MPP, Kantor Dinas Kominfo juga dibangun dua lantai, dengan luas bangunan 1.200 meter.
Lantai satu untuk pelayanan masyarakat terhadap informasi, dan lantai dua untuk kantor kepala dinas dan pejabat struktural lainnya. “Untuk sementara pembangunan dua gedung ini merupakan proyek dengan nominal paling besar di Kabupaten Tegal,”jelasnya .
Lebih lanjut dikatakan Budi Eko, dengan berdirinya mal pelayanan publik, Kantor DPMPTSP di Jalan Gatot Subroto, Slawi Kulon akan digunakan sebagai Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah .(*)

BERITA LAINNYA