Bantaran Sungai Pemali Disulap Jadi Tempat Latihan Panjat Dinding

BREBES – Bantaran Sungai Pemali di Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, kini disulap menjadi tempat latihan panjat dinding. Tempat latihan panjat dinding itu diresmikan, kemarin, sebagai salah satu upaya pembinaan olahraga, sehingga menelurkan atlet berpretasi.

Bantaran yang semula tak mempunyai berfungsi bagi masyarakat, kini dimanfaatkan dengan dibangun arena latihan panjat dinding. Adalah Komunitas Ndas Mumet Kabupaten Brebes, yang mempelopori pembangunan arena latihan panjat dinding tersebut. Papan panjat dinding setinggi sekitar 10 meter dibangun di bantaran Sungai Pemali.

Salah satu anggota Komunitas Ndas Mumer Brebes, Darisman menuturkan, komunitasnya memanfaatkan lahan bantaran Sungai Pemali untuk kegiatan olahraga, karena lahan yang luas tersebut agar bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk latihan panjat dinding, lahan bantaran juga dimanfaatkan untuk taman bermain anak-anak dan pasar dadakan bagi warga di setiap Minggu pagi. Diharapkan, dengan adanya fasilitas latihan panjat dinding, akan mendorong gaung dari olahraga panjat dinding, dan kedepannya mampu menelurkan bibit atlet berpresrasi. “Kami mempersilahkan warga memanfaatkan fasilitas yang kami bangun bersama ini. Adanya fasilitas ini untuk mendukung pembinaan altet, khususnya panjat dinding di bawah naungan FPTI Brebes,” ungkapnya.

Sementara, Kabid Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Fajar Adhi Wibowo mengaku, mengapresiasi langkah komunitas Ndas Mumet Brebes yang peduli terhadap pembinaan olahraga tersebut. Pihaknya berharap apa yang dilakukan komunitas tersebut bisa menjadi pioner kepedulian masyarakat di seluruh pelosok desa, untuk menyediakan lahan bagi sarana dan prasarana olahraga. “Indikator saat ini, kami dari Pemkab Brebes terus berupaya meningkatkat prestasi olahraga. Seperti halnya Panjat Dinding ini, meski terbilang baru tetapi banyak yang menyukai olahraga ini. Kami harapkan kedepan memiliki atlet potensial untuk berpretasi di kancah nasional,” pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.