IPSI Pemalang Gelar Seleksi Atlet Pencak Silat

BERTANDING PENCAK SILAT : Dua pesilat remaja putri bertanding dalam kejuaraan pencak silat Popda antar-perguruan IPSI Kabupaten Pemalang.

PEMALANG – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pemalang menggelar seleksi atlet pencak silat pelajar dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) eks Karesidenan Pekalongan. Seleksi dilaksanakan di pendapa Balai Desa Randudongkal, Kecmatan Randudongkal,Minggu (20/12).

Ketua Pengkab IPSI Pemalang Muntoha mengatakan seleksi ini dilaksanakan dengan kemasan kejuaraan antar-perguruan.”Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Pemalang tidak menyelenggarakan Popda karena pandemi Covid-19 sementara tahun 2021 ada Popda Provinsi Jateng dengan peraturab yang berbeda dari sebelumnya,”kata Muntoha.

Karena itu untuk menjaga semangat pembinaan olahraga prestasi pelajar cabang pencak silat maka Pengkab IPSI memasilitasi kejuaraan ini. Kegiatan sebagai saran untuk mengobati kekecewaan sehubungan tidak diselenggarakannya Popda Kabupaten.

Kemudian Popda Provinsi Jateng menentukan kebijakan bahwa kelas yang dipertandingkan adalah kelas remaja atau pada tahun sebelumnya kelas ini adalah untuk atlet-atlet yang berstatus pelajar SMA. Dengan adanya ketentuan tersebut maka pelajar SMP (pra remaja) dan SD (usia dini) tidak tertampung dalam Popda.

Sementara itu penyelenggaraan yang dikemas dalam bentuk pertandingan antar-perguruan sebagai sarana untuk mencarui bibit atlet yang terbaik. Sebelumnya Popda Kabupaten adalah mempertandingkan pesilat antar-sekolah sehingga ada beberapa pesilat yang tidak memiliki kesempatan bertanding meskipun punya skil yang bagus lantaran tertutup oleh dominasi perguruan pencak silat yang menjadi ekstra kurikuler di sekolah yang bersangkutan.

Kemarin seleksi diikuti oleh ratusan pesilat remaja dari beberapa perguruan. Menurut panitia kegiatan Muzaki terdapat 68 partai pertandingan dalam sleksi tersebut.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.