Mengeliat, Iklim Kewirausahaan di Kabupaten Tegal

SLAWI – Bappeda dan Litbang Pemkab Tegal, dalam upaya menumbuhkan perekonomian dan mengurangi jumlah pengangguran di wilayahnya, 

mengadakan program Wirausaha Pemuda. Sejak diluncurkan tahun 2019, program ini berhasil menarik minat pemuda untuk menjadi wirausaha.

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, kemajuan bangsa sangat ditentukan oleh jumlah wirausahanya, dan bagaimana upaya menciptakan kemakmuran dan kemajuan ekonomi melalui penciptaan entrepreneur. Semakin banyak jumlah wirausahawan di suatu daerah, semakin maju dan mapan pula daerah itu. Dalam menumbuhkan wirausahawan pemuda di Kabupaten Tegal, diharapkan dapat menjadi solusi cerdas untuk mengatasi potensi permasalahan.

Umi menyebutkan, di tahun 2030 , jumlah penduduk usia kerja 15 tahun sampai dengan 35 tahun di Indonesia termasuk di Kabupaten Tegal mencapai 65 persen. Jumlah yang banyak ini diharapkan tidak menjadi beban negara, tapi justru sebaliknya, menjadi sebuah potensi yang bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara maju.
“Mudah-mudahan, melalui program pendampingan ini akan terlahir entrepreneur produktif, syukur-syukur bisa yang berdampak luas,”tutur Umi pada saat menghadiri launching Seratus Wirausaha Pemuda di Lapangan Pemda Kabupaten Tegal, kemarin.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal, Bambang Kusnandar Aribawa menambahkan, program Penumbuhan Wirausaha Pemuda adalah salah satu dari sembilan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tegal, Umi Azizah dan Sabilillah Ardie pada periode 2019-2024. Yakni, sebuah program penumbuhan wirausaha dengan upaya yang terstruktur dan kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, yang bukan hanya membuat barang dan jasa tetapi mengembangkan ketrampilan menciptakan transaksi untuk membuat nilai tambah.

Ditarget, kata dia, program wisausaha pemuda yang memiliki jargon “Tegal Golet Boss Muda “ ini, diantaranya terciptanya wawasan dan tumbuhnya minat berwirausaha di kalangan pemuda di Kabupaten Tegal, munculnya bibit – bibit berkualitas terkait kemampuan berwirausaha, menciptakan iklim di kalangan pemuda tentang pola pikir dalam mengembangkan diri, dan munculnya inovasi dan iklim bisnis yang sehat dan selaras dengan prioritas terkait ekonomi di Kabupaten Tegal.

“Tercatat ada 200 lebih pendaftar program Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal tahun 2020 . Selanjutnya akan kami seleksi secara bertahap. Nantinya, 28 besar akan dibantu modal usahanya oleh Pemkab Tegal sebesar Rp 15 juta per orang.
Rencananya 28 besar Program Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal Tahun 2020 ini akan kami umumkan awal Desember mendatang, “pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.