Jalin Kerja Sama dengan Tokopedia, Dedy Yon Harapkan Pemasaran IKM Meningkat

TEGAL – Terjalinnya kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dengan Tokopedia diharapkan dapat membantu IKM di Kota Tegal dalam hal peningkatan pemasaran.

“Saya berharap dengan adanya kerjasama dengan Tokopedia yang hari ini kita tandatangani MoU-nya bisa membantu IKM Kota Tegal dalam hal peningkatan pemasaran,” ucap Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M usai menandatangani MoU antara Pemerintah Kota Tegal dengan Tokopedia dan Pengukuhan Pengurus APIK BANGET Masa Bakti 2020 – 2022 di Aula Lantai 3 Kantor Bank Jateng Cabang Koordinator Tegal, Kamis (19/11/2020).
Selain itu, Dedy Yon juga berharap agar IKM dapat memanfaatkan peluang kerja sama tersebut. Sebab menurutnya orientasi pengusaha adalah bagaimana meningkatkan pemasaran. Sehingga keuntungan menjadi meningkat pula. “Pasar online seperti Tokopedia adalah peluang yang sangat menjanjikan,” tuturnya.

Tak ketinggalan Dedy Yon juga menyampaikan kepada para Kepala OPD yang hadir, agar dapat lebih intens berkomunikasi pihak-pihak yang berpotensi mendukung program- program pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia saat ini. Karena, kata Dedy Yon, Pemkot Tegal di era pemerintahannya tidak bisa mempertahankan tradisi lama terus menerus, tetapi mengikuti setiap perubahan.

“Terlebih saat ini kita sadari bahwa information technology (IT) merupakan kunci keberhasilan dalam persaingan global. Oleh karenanya saya menghimbau agar IKM kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi,” jelas Wali Kota.
Terkait dengan pembiayaan ataupun permodalan, Wali Kota juga mendorong agar bisa berperan memberikan kemudahan dalam permodalan.

MoU ini juga semakin mengukuhkan komitmen dan perhatian Pemkot Tegal untuk peningkatan pembangunan ekonomi kerakyatan. Apalagi dalam kondisi pandemi sekarang ini, produk IKM harus jeli menangkap pasar dan bisa memanfaatkan teknologi.“Ke depan para pelaku IKM Kota Tegal, jangan gaptek lagi. IKM kedepan harus mampu bersaing secara global dan lebih menggali lagi industri kreatif. Sebab saat ini industri kreatif merupakan sektor yang sangat prospektif,” tegas Dedy Yon.

Ditambahkannya, melalui penjualan secara online pangsa pasar produk IKM akan semakin luas. Potensi IKM di Kota Tegal dikatakan Dedy Yon cukup besar. Baik itu kuliner maupun produk – produk unggulan lainnya. Seperti sarung tenun produksi Kota Tegal yang sudah merambah pasar internasional. Demikian pula batik tegal dan produk alat – alat kesehatan serta produk lain yang tak kalah menarik dengan produk daerah lain.

Sementara itu, terkait pengukuhan pengurus APIK BANGET, Wali Kota juga mengucapkan selamat kepada para pengurus baru. “Saya ucapkan selamat kepada seluruh penggiat industri kecil dan menengah yang tergabung dalam “APIK BANGET”. Mulai dari pembina, pengawas dan pengurusnya yang hari ini dikukuhkan,” ucap Wali Kota.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, R. Heru Setiawan mengatakan bahwa maksud kegiatan ini adalah sebagai dasar dalam menyusun kemungkinan pola kerja sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan pelayanan publik yang memberikan manfaat luas kepada UMKM dan masyarakat di Kota Tegal.
“Sedangkan tujuannya adalah mensinergikan dan mengoptimalkan dalam menyusun kemungkinan pola kerjasama untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pelayanan publik yang efisien, mudah dan nyaman dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital di Kota Tegal,” ucap Heru.

Emmiryzan, Kepala Divisi Regional Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia pada sambutan virtual menyampaikan dengan adanya kerjasama tersebut, Ia berharap pihaknya dapat lebih memperkenalkan produk UMKM di Kota Tegal ke pangsa pasar yang lebih luas. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.