Tingkatkan Ekonomi di Masa Pendemi, Dandim Gagas Warteg Gincu

TEGAL – Komandan Kodim 0712/ Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar SIP menggagas pengembangan ekonomi di masa pendemi Covid-19. Gagasan itu dinamakan Warteg Gincu yang dikembangkan di lahan seluas 19 hektare milik TNI AD di Jl Martoloyo, Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

“Kami mendapatkan ide saat berbincang-bincang dengan rekan-rekan wartawan. Ide pengembangan ekonomi di masa pendemi Covid-19 yang dinamakan Warteg Gincu,” kata Sutan saat sambutannya di acara Coffee Morning Dandim 0712/ Tegal dan Jurnalis di Kebun Mangga Jl Martoloyo, Minggu (8/11).

Dikatakan, Warteg Gincu diartikan bahwa Warteg merupakan warung makan khas Tegal yang tidak hanya sebagai tempat makan, tapi juga digunakan untuk tempat komunikasi, koordinasi dan kerjasama dari semua kalangan. Sedangkan, Gincu merupakan jenis mangga yang ditanam di Kebon Mangga yang dikelola Kodim 0712/ Tegal. Di lokasi tersebut, terdapat 400 pohon mangga varian Gincu.

“Jadi, tempat ini akan dibuka untuk umum sebagai tempat edukasi dan ketahanan pangan,” terang Sutan yang sebelumnya menjabat Komandan Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma Ujungrusi Tegal itu.

Menurut dia, Kebon Mangga yang akan digagas menjadi Warteg Gincu itu, juga akan dikembangkan untuk menanam cabe dan sayuran lainnya. Pengelola tanaman tersebut para prajurit yang akan purna tugas sebagai bekal pensiun. Pengembangan lainnya untuk sarana olahraga dan wisata. Sejauh ini, tempat tersebut sudah digunakan untuk pertemuan, baik yang diselenggarakan Kodim dan masyarakat umum. Bahkan, lokasi itu sudah terdapat kolam pemancingan.

“Kami juga akan mengembangkan UMKM masyarakat dengan memberikan tempat untuk jualan,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, tambah dia, Kodim ingin membangun sinergitas TNI dan media. Hal itu dinilai sebagai salah satu tugas TNI, yakni komunikasi, koordinasi dan kerjasama.

“Kodim hadir di tengah masyarakat memberi solusi, pencerahan dan informasi sebagai sumber yang bisa menguatkan pertahanan bangsa,” pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.