Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal Mulai Bagikan Sertipikat PTSL

KRAMATKantor Pertanahan Kabupaten Tegal mulai membagikan sertipikat tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020. Pembagian diawali di Desa Plumbungan, Kecamatan Kramat sekitar 1.000 bidang yang dilaksanakan secara bertahap di Kantor Desa Plumbungan, Kamis (22/10). 

Ketua Tim 1 PTSL Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal, Irfan Fajar yang mewakili Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal mengatakan, sertipikat hasil dari Program PTSL tahun 2020 ini merupakan komitmen Kementerian ATR/BPN Kabupaten Tegal dalam melaksanakan program Reforma Agraria dalam bentuk Legalisasi Aset Hak Atas Tanah. Dengan legalisasi tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir lagi ketika tinggal di atas tanah yang saat ini ditempati.

“Dengan adanya momentum seperti ini, kami dari seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal akan komit dan semakin semangat memberikan pelayanan masyarakat dengan maksimal, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Dibeberkan, di Kecamatan Kramat ada 4 desa yang mengikuti program PTSL, yakni Desa Maribaya sebanyak 160 bidang yang siap dibagikan, Desa Dinuk 500 bidang yang siap dibagikan, Desa Padaharja sebanyak 600 bidang yang siap dibagikan, dan Desa Plumbungan sebanyak 1.000 bidang yang sudah selesai disertipikatkan.

“Kami optimis bisa diselesaikan secepatnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Plumbungan Saeful Amin mengatakan, semangat pemerintah desa dan Kantor Pertanahan untuk membagikan sertipikat tanah yang sah untuk masyarakat Desa Plumbungan, dinilai mampu mengurangi konflik agraria yang kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, adanya sertipikat juga mampu meningkatkan perekonomian warga masyarakat Desa Plumbungan.

“Semoga pembagian sertipikat ini bisa memberikan kepastian hukum dan kenyamanan bagi masyarakat,” harapnya.

Ditambahkan, penyerahan sertipikat tanah di Desa Plumbungan dilakukan secara simbolis kepada 20 pemohon. Selanjutnya, pemohon yang belum mendapatkan sertipikat diminta untuk bersabar, karena pembagian sertipikat akan dilakukan secara bertahap. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.