Puluhan Pengurus dan Atlet Ikuti Test Kebugaran KONI Brebes

BREBES – Puluhan pengurus KONI dan Kecabangan Olahraga serta para atlet di Kabupaten Brebes mengikuti test kebugaran di Stadion Karangbirahi Brebes, Jumat (16/10). Test kebugaran melalui metode Rockport itu dilaksanakan Bidang Kesehatan KONI Brebes dalam upaya mengecek kondisi tubuh, sekaligus upaya KONI untuk ikut aktif mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Rudi Pangarsaning Utami mengatakan, kegiatan test kebugaran melalu metode rockport memang sedang digalakkan, dan termasuk salah satu program gerakan masyarakat untuk hidup sehat (Germas). “Kami siap memfasilitasi KONI Brebes untuk pelaksanaan promotif dan preventif di bidang kesehatan, seperti kegiatan ini,” katanya yang membuka kegiatan tersebut.

Ketua Bidang Kesehatan KONI Brebes, drg Adhi Supriadi menjelaskan, rockport merupakan sebuah metode yang dipergunakan untuk menilai tingkat kebugaran tubuh seseorang. Dengan tubuh yang bugar, diharapkan para atlet dan pengurus KONI dan kecabangan olahraga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan optimal. Dalam test kebugaran tersebut, tercatat diikuti sebanyak 87 peserta. Mereka berasal dari pengurus KONI, pengurus kecabangan olahraga dan atlet berprestasi. Dari hasil test itu diketahui, sebanyak 2 orang kondisi tubuhnya baik sekali, 18 orang baik, 31 orang cukup, 25 orang kurang dan 11 orang kurang sekali.

“Kegiatan ini kami laksanakan dengan menggandeng tim Promosi Kesehatan Dinas kesehatan Kabupaten Brebes. Sebanyak 15 orang anggota tim rockport dilibatkan untuk mengambil data kesehatan para peserta, mulai dari berat badan, tinggi badan, tekanan darah dan denyut nadi. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan lari dalam lintasan atletik sejauh 1,6 Km. Hasilnya kami sampaikan kepada peserta untuk diketahui tingkat kebugarannya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara Ketua KONI Brebes, Ahmad Zaeni mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan bidang kesehatan, dalam upaya tetap menjaga kesehatan pengurus dan atlet tersebut. Apalagi, kondisi saat ini sedang pandemi Covid-19. Diharapkan, melalui test kebugaran bisa menghindari pengurus dan atlet dari virus tersebut. “Kami berharap langkah ini dilaksanakan secara preiodik karena sangat bermanfaat untuk kesehatan,” pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.