Ditengah Pandemi Covid-19, Warga Gelar Pilkaret dengan Potokol Kesehatan

- Tingkat Partisipasi Capai 99 persen

BREBES – Meski ditengah Pandemi Covid-19, warga RT02/ RW 04 Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, antusias mengikuti Pemilihan Ketua RT (Pilkaret). Pesta demokrasi ditingkatan paling bawah ini digelar berbeda dari biasanya. Sebab, pada Pilkaret kali ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Selain panitia wajib mengenakan masker dan facial, warga setempat yang akan menentukan pilihannya pun diwajibkan memakai masker. termasuk mereka para calon ketua RT. Bahkan, sebelum masuk, setiap warga harus melalui petugas pengecek suhu tubuh dengan alat termogun.

Ada tiga calon ketua yang berlaga diajang Pilkaret ini. Yakni, calon nomor 1 Suyatinah, calon nomor 2, Agus Afandi dan calon nomor 3 Tri Handoko.

Ketua Panitia Pilkaret RT 02/ RW 04 Kelurahan Pasarbatang, Ganis Faruqi Abkar mengatakan, jika pihak panitia juga menyiapkan standar kesehatan di lokasi pemilihan. Dari mulai mencuci tangan,  pemilih yang akan masuk TPS juga diperiksa suhunya terlebih dulu. kursi warga yang akan memilih pun sengaja berjauhan untuk jaga jarak. “Selain untuk memberikan pendidikan politik, dalam Pilkaret ini kami juga ingin memberikan edukasi ke warga terkait protokol kesehatan, demi menjaga keselamatan bersama dalam pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkaret ini ternyata mendapat sambutan antusias warga, dengan mendatangi tps. Terbukti, tingkat partisipasi warga bisa mencapai 99 persen. Dari sebanyak 124 Daftar Pemilih Tetap,  ada 123 pemilih yang mencoblos. “Ini merupakan partisipasi tertinggi ketimbang pilpres, pilkada maupun pileg.” ujarnya

Lebih lanjut dia mengatakan, dari hasil perhitungan suara, calon nomor 3 Tri Handoko terpilih sebagai Ketua RT dengan perolehan 59 suara. Kemudian disusul calon nomor 2 Agus Afandi sebanyak 40 suara. Terakhir, calon nomor 1 Suyatinah meraih 23 suara. “Sementara satu suara dinyatakan rusak, satu suara abstain atau tidak memilih,” pungkasnya.

(setiawan/red2) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.